Jakarta (ANTARA/JACX) - Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan Taiwan dalam pertandingan dengan skor 9-0 dalam babak Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Manahan, Solo, pada 9 September lalu.

Beredar konten di media sosial yang menyebutkan wasit menghentikan pertandingan tanpa tambahan waktu, karena kasihan melihat tim Taiwan telah kebobolan sembilan gol tanpa bisa mencetak gol balasan.

Video berdurasi 2 menit tersebut diunggah pada 10 September 2023 lalu oleh akun TikTok, telah ditonton sebanyak 7,3 juta kali dengan jumlah like sebanyak lebih dari 351.800 menyukai.

Dalam video tersebut mengklaim wasit menghentikan pertandingan tanpa tambahan waktu karena tidak tega melihat Taiwan dibantai 9-0 dibagikan oleh akun TikTok pada 10 September 2023, dengan narasi tertulis seperti ini:
 

“WASIT MENGHENTIKAN LAGA KARENA TIDAK INGIN CHINA TAIPEI LEBIH DIPERMALUKAN”

Ditampilkan pernyataan yang diklaim berasal dari perkataan wasit pertandingan Indonesia melawan Taiwan.

"Saya kasihan kepada pemain Chinese Taipei. Mereka sudah tidak berdaya menahan gempuran Indonesia," dikutip dari teks video tersebut.

 

Tangkapan layar soal hoaks wasit hentikan pertandingan Indonesia-Taiwan tanpa perpanjangan waktu karena kasihan. (ANTARA/HO-Tiktok)
Namun benarkah video tersebut?


Penjelasan: 

Pertandingan Indonesia melawan Taiwan 9 September 2023 lalu, dipimpin oleh wasit Shukri Hussain A Alhunfush dari Arab Saudi. Namun, setelah ditelusuri klip video yang beredar tersebut, menampilkan Abdulrahman Al-Jassim, wasit asal Qatar yang menjadi wasit Piala Dunia 2022.

Akun tersebut mengambil dari klip video asli yang diunggah di kanal YouTube The AFC Hub 21 Oktober 2022 lalu..Video asli itu menampilkan wawancara dengan Al-Jassim, yang mencakup perkenalan dirinya, responnya terhadap perannya sebagai wasit dalam Piala Dunia 2022, dan harapannya dalam karier wasitnya.

Konten tersebut menggunakan klip dari video wawancara wasit Piala Dunia 2022 Abdulrahman Al-Jassim yang diunggah ke kanal YouTube The AFC Hub pada tanggal 21 Oktober 2022.

Wawancara itu fokus pada perkenalan diri Al-Jassim, responnya terhadap perannya dalam Piala Dunia 2022, dan aspirasinya dalam karier wasitnya.

Sehingga tidak ada hubungannya sama sekali dengan pertandingan Indonesia melawan Taiwan 9 September lalu, karena klip video tersebut diambil untuk ditambahkan narasi yang menyesatkan.

Dengan demikian, klaim bahwa wasit menghentikan pertandingan tanpa tambahan waktu karena merasa kasihan melihat Taiwan dikalahkan 9-0 adalah hoaks.

Klaim: Wasit hentikan pertandingan Indonesia-Taiwan karena kasihan

Rating : Disinformasi atau hoaks.

Cek fakta: Hoaks! FIFA beri sanksi wasit final laga Piala AFF U-23

Cek fakta: Hoaks! FIFA putuskan final laga Piala AFF U 23 2023 diulang lagi

Berita terkait: Erick Thohir minta doa untuk kemenangan timnas U-23 lawan Turkmenistan

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023