Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menjalin kerjasama dengan PT Halal International Aceh (HIA) dan Halal International (China Hong Kong Macau) Limited, dalam upaya memaksimalkan pengembangan potensi pariwisata di tanah Gayo itu.

Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan, Selasa, mengatakan pemerintah kabupaten menyambut baik kerjasama sektor pariwisata itu, dengan harapan agar daerah dataran tinggi Gayo semakin ramai kunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Kami tentunya berharap melalui kerjasama internasional ini pariwisata terus bisa dikembangkan sehingga semakin menggerakkan roda perekonomian di Aceh Tengah," kata T Mirzuan di Aceh Tengah.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh T Mirzuan, Presiden Direktur PT Halal International Aceh Juanda Djamal, serta Chief Executive Officer Halal International (China Hong Kong Macau) Limited Yu Sau Ming Homer di ruang kerja Bupati Aceh Tengah.

Ia menjelaskan langkah tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk terus memaksimalkan potensi pariwisata daerah berbasis pariwisata hijau halal.

Mirzuan berharap dengan adanya kerjasama tersebut maka pengembangan pariwisata daerah termasuk seluruh sektor pendukungnya dapat terus berkembang.

Sehingga, lanjut dia, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat Kabupaten Aceh Tengah.

Pemkab Aceh Tengah juga meminta PT HIA dan Halal International Limited agar mampu memperkuat jaringan antara pelaku usaha pariwisata di Aceh Tengah dengan komunitas muslim global serta diharapkan Aceh Tengah dapat memperoleh kriteria wisata halal.

Aceh Tengah merupakan kabupaten di Provinsi Aceh yang terletak di daerah dataran tinggi wilayah Aceh bagian tengah. Kabupaten ini berjarak sekitar 353,6 kilometer dari ibukota Banda Aceh, dengan jarak tempuh melalui jalur darat sekitar delapan jam.

Ibukota Aceh Tengah terkenal dengan nama Takengon. Daerah ini menyimpan banyak destinasi wisata pegunungan, seperti Danau Lut Tawar, Pantan Terong, Bur Telege, Lukup Badak, dan beberapa destinasi lain.

Aceh Tengah juga dikenal sebagai daerah penghasil kopi Gayo yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Daerah ini juga kerap menyelenggarakan perlombaan pacuan kuda yang menarik wisatawan.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023