Bantuan ini merupakan tindak lanjut kepedulian Pemerintah Aceh atas musibah kebakaran yang menghanguskan sepuluh ruang penginapan santri di Pondok Pesantren Modern Gontor 8 tiga pekan silam
Banda Aceh (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyerahkan bantuan material dari Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Mayjen TNI (Pur) Achmad Marzuki untuk pembangunan sementara Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Gontor 8 yang terbakar di Gampong Meunasah Baro, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar.

“Bantuan ini merupakan tindak lanjut kepedulian Pemerintah Aceh atas musibah kebakaran yang menghanguskan sepuluh ruang penginapan santri di Pondok Pesantren Modern Gontor 8 tiga pekan silam,” kata Muhammad Iswanto di Aceh Besar, Selasa.

Ia menjelaskan bantuan material dari Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki tersebut melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) untuk korban bencana di Kabupaten Aceh Besar.

"Bantuan langsung dari Pj Gubernur Aceh ini sudah kita serahkan kepada pimpinan Ponpes Gontor 8 untuk keperluan pembangunan kembali gedung asrama santri yang terbakar," katanya.

Kepala Pelaksana (Kalaksa)  BPBA Aceh Ilyas berharap dengan bantuan pembangunan tersebut proses belajar mengajar dapat normal kembali di pesantren tersebut.

"Provinsi Aceh itu tidak ada wilayah, wilayah Provinsi itu ialah Kabupaten, jadi setiap kabupaten yang telah terjadi bencana, sudah tugas kami provinsi untuk memberikan bantuan kepada para korban terdampak," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyalurkan bantuan masa panik kepada korban kebakaran Ponpes Modern Gontor 8 Aceh, Gampong Meunasah Baro, Kecamatan Seulimuem.

"Saat menerima kabar kebakaran ini, saya minta kepada Dinsos Aceh Besar untuk menyiapkan bantuan masa panik. Mudahan-mudahan ini bisa meringankan beban saudara kita yang menjadi korban kebakaran,” kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Komplek Ponpes Modern Gontor 8, Gampong Meunasah Baro, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar.

Kebakaran Pesantren Gontor di Gampong Meunasah Baroe, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar terjadi pada Rabu (23/8) dini hari sekitar pukul 02.45 WIB dan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Baca juga: BPBA: 10 ruang di Pesantren Gontor Aceh Besar musnah terbakar

Baca juga: PMD Gontor: Bus kecelakaan di Parigi membawa 29 guru pengabdian

Baca juga: Haedar Nashir minta masyarakat proporsional memandang kasus Gontor

Baca juga: Alumni Ponpes modern Gontor dirikan Rumah Qur'an Tuna Rungu


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023