Amsterdam (ANTARA) - Sebuah lukisan oleh Vincent Van Gogh yang dicuri dari museum kecil di Belanda pada 2020 saat dilakukan lockdown COVID-19 telah ditemukan, menurut institusi pemilik lukisan, Selasa.

"Kami memiliki kabar sangat baik. Lukisan 'Spring Garden'.. telah kembali ke Museum Groninger tiga setengah tahun setelah pencurian," kata museum tersebut dalam sebuah pernyataan.

Lukisan yang berasal dari tahun 1884 itu dicuri dari Museum Singer Laren, daerah timur dari Amsterdam, di mana karya itu dipinjamkan untuk pameran.

Pencurian dilakukan saat dilakukan lockdown hingga berminggu-minggu di seluruh dunia selama pandemi COVID.

Di saat itu, polisi Belanda merilis video dari kamera keamanan yang menunjukkan kejadian pencuri masuk ke Museum Singer Laren pada 30 Maret, memecahkan pintu kaca untuk mencuri lukisan.

Karya tersebut menggambarkan taman pastoran di Nuenen, kota kecil Belanda di mana orang tua Van Gogh tinggal.

"Lukisan itu tidak dirawat, tapi di pandangan pertama, berada dalam keadaan yang baik," kata Museum Groninger, menambahkan saat ini lukisan itu berada di Museum Van Gogh di Amsterdam dan akan butuh waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum dikembalikan.

"Polisi telah bekerja sama ketat di seluruh fase (pengembalian lukisan). Museum tidak dapat berkomentar terkait penyelidikan yang sedang berjalan," kata pernyataan itu.

Museum juga mengatakan bahwa Arthur Brand, detektif seni terkemuka Belanda, memainkan "peran kunci" dalam seluruh proses penemuan lukisan tersebut..

Sumber: Reuters

Baca juga: Van Gogh Alive tawarkan pengalaman multisensori dalam nikmati seni
Baca juga: Museum Van Gogh rayakan hari jadi ke-50
Baca juga: Lukisan Van Gogh ditampilkan di hadapan publik untuk pertama kalinya

Penerjemah: Arie Novarina
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023