Karena kan kalau branding UMKM pakai artis itu mahal, makanya saya dengan senang hati membantu masyarakat.
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Artis Anang Hermansyah membantu pengembangan potensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan mempromosikan produk-produknya.

Anang saat menemui para pelaku UMKM, di Cibinong, Bogor, Selasa, membantu memasarkan produk UMKM Kabupaten Bogor melalui media sosial.

"Karena kan kalau branding UMKM pakai artis itu mahal, makanya saya dengan senang hati membantu masyarakat, tinggal nanti video atau foto promosinya dipasang di media sosial produk UMKM warga," ujar Anang.

Menurut dia, Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah dengan potensi UMKM yang luar biasa.

"Bogor itu sangat strategis untuk pengembangan UMKM, mengingat Bogor sangat dekat dengan Jakarta. Jadi saya yakin, produk UMKM Bogor punya daya saing yang tinggi," katanya pula.

Ia juga siap mengedukasi kepada para UMKM tentang bagaimana menjadikan produk mereka memiliki daya saing dan daya jual saat pemasarannya kelak.

"Kemasan dan branding itu biasanya jadi kendala para pelaku UMKM, makanya mereka kami dampingi agar bisa mengemas produk mereka lebih baik lagi," ujarnya lagi.

Anang mengaku berupaya memajukan bidang UMKM di Kabupaten Bogor dengan mendukung program-program Kementerian Koperasi dan UKM RI yang dipimpin oleh Teten Masduki.

"Saya terus berupaya mensosialisasikan seluruh kebijakan Bapak Teten Masduki melalui Kementerian Koperasi dan UMKM, makanya dengan selalu menyampaikan program yang fokus kepada promosi UMKM dan edukasi bagaimana memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi dengan baik," katanya.

UMKM merupakan salah satu sektor penyumbang terbesar Produk Domestik Bruto (PDB) dengan raihan 61 persen.

"Artinya perputaran uang di UMKM itu sekitar Rp9.580 triliun. UMKM juga menyerap tenaga kerja hampir di angka 90 persen. Tentu ini hal yang sangat luar biasa dan perlu ditingkatkan," katanya pula.

Maka, kata dia lagi, sektor UMKM memerlukan perhatian lebih dan pendampingan dari segi produksi, keterampilan, kemasan, produk hingga penjualan.

Ketua Pelaku UMKM Kecamatan Tajurhalang Wulan mengaku menyambut baik pertemuan para pelaku UMKM dengan Anang Hermansyah.

"Kami sebagai pelaku UMKM tentu sangat menyambut baik kegiatan ini. Ini bagaikan angin segar bagi kami untuk mengembangkan produk yang kami miliki," kata Wulan.

Ia berharap kegiatan serupa bisa terus berlanjut, agar 872 UMKM yang ada di Kecamatan Tajurhalang bisa mengembangkan produknya.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi semuanya, dan bisa menjadikan produk UMKM kami semakin maju dan sukses," ujarnya lagi.
Baca juga: Pemkab Bogor ingin perlebar akses pasar digital buat produk lokal
Baca juga: Sertifikat HaKI berhasil diraih 10 UMKM binaan Indocement

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023