Jakarta (ANTARA) - Pengamat sepak bola Akmal Marhali menilai situasi kondusif dan harmonis yang dibangun Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjadi kunci tim nasional dapat meraih prestasi.

Pada daftar peringkat FIFA yang dirilis pada 20 Juli 2023, Indonesia menduduki peringkat ke-150 dunia. Namun kemenangan atas Turkmenistan pada pertandingan FIFA Match Day Jumat (8/9) dipastikan akan mendongkrak peringkat Indonesia.

Setelah itu, pada Selasa ini timnas U-23 memastikan raihan tiket ke putaran final Piala Asia U-23, berkat keberhasilannya menang 2-0 atas Turkmenistan dan 9-0 atas Taiwan di fase kualifikasi.

Baca juga: Kemenangan 2-0 bawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23

"Saat ini suasana yang sedang dibangun Pak Erick bagus. Kondisi PSSI saat ini kondusif karena hubungannya cukup bagus antara pemerintah dan PSSI, tidak ada lagi jarak seperti dulu, yang mana PSSI terlalu alergi dengan pemerintah," kata Akmal seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Akmal mengatakan Erick memiliki kemampuan manajerial yang baik untuk menciptakan iklim sepak bola yang lebih baik. Dukungan penuh dari Erick juga diyakini Akmal membuat para pemain timnas dapat fokus memperlihatkan kemampuan terbaiknya.

"Kenapa bisa berprestasi sekarang, semua sangat tergantung pada harmonisasi, kondusivitas, dan yang paling penting kesejahteraan pelatih dan tim juga dijaga sehingga membuat pemain konsentrasi penuh karena tidak lagi berpikir masalah nonteknis seperti uang dan lain-lain, karena semua sudah terjamin," ucap Akmal.

Dengan fondasi dan sistem yang sedang dibangun Erick, maka Akmal berharap hal itu dapat diteruskan pada masa yang akan datang.

"PSSI yang sehat, maka timnas juga akan sehat dan kuat. Itu menjadi harapan kita semua," pungkasnya.

Baca juga: Erick Thohir bersyukur Indonesia pertahankan tradisi kemenangan
Baca juga: Presiden Jokowi: Kemenangan Timnas U-23 menjadi sejarah Indonesia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023