Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

Bawaslu nilai tayangan Ganjar di azan TV bukan kampanye

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menilai bahwa tayangan azan yang menampilkan bakal calon presiden (capres) PDIP Ganjar Pranowo di salah satu stasiun TV swasta di Indonesia bukanlah kampanye.

Ia menjelaskan bahwa kampanye itu ada peserta pemilu atau pihak yang ditunjuk oleh peserta pemilu. Lalu, ada pernyataan untuk meyakinkan publik.

"Peserta pemilu tidak? Kemudian untuk meyakinkan, meyakinkan-nya di mana? Eksplisit kan seharusnya?" ujar Bagja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

PDIP: Lima pertimbangan dalam menentukan cawapres pendamping Ganjar

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengungkapkan ada lima poin yang menjadi pertimbangan dalam menentukan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Kewenangan bakal cawapres Mas Ganjar akan ditentukan oleh para ketua umum partai, dan Mas Ganjar. Pembobotan dalam menentukan bakal cawapres Mas Ganjar ada banyak timbangan," kata Said di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

PKS beri sinyal dukung Cak Imin jadi cawapres Anies Baswedan

Presiden PKS Ahmad Syaikhu memberi sinyal bahwa partai berlambang padi dan bulan sabit itu akan mendukung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Adapun Ahmad Syaikhu menerima kunjungan Anies, Cak Imin, dan jajaran elite PKB serta Partai NasDem di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

Bakal Capres Prabowo dapat dukungan ribuan kiai dan santri di Jatim

Bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto mendapat dukungan dari ribuan kiai dan santri Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Koordinator Jawa Timur Bermunajat, K.H. Ma'ruf Mubarok dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Selasa, mengatakan, dukungan tersebut disampaikan dalam acara bertajuk "Jawa Timur Bermunajat untuk H. Prabowo Pemimpin Berdaulat dan Petugas Rakyat di Pondok Pesantren An Nur 2 Al Murtadlo, di Malang, Senin (11/9) malam.

Selengkapnya klik di sini.

Cak Imin optimistis PKS dan PKB bisa bersatu menangkan Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar optimistis Partai Keadilan Sejahtera dan partainya bisa bersatu dalam Koalisi Perubahan untuk memenangkan Pemilihan Umum Presiden 2024, meskipun kedua partai memiliki basis ideologi yang berbeda.

"PKS dan PKB memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing di dalam basis dukungan. Tentu justru perbedaan inilah yang akan saling memperkuat dan insyaallah menjadi modal pemenangan pasangan ini (Anies-Muhaimin)," jelas Cak Imin, sapaan akrabnya, usai berkunjung ke Kantor DPP PKS di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023