Jakarta (ANTARA) - Program Instellar dan IKEA Social Entrepreneurship Accelerator (I-SEA) gelombang kedua (cohort 2) resmi dibuka untuk mendukung wirausaha sosial di bidang pertanian dan akuakultur (budidaya perairan) berkelanjutan memperkuat dan memperluas dampak bisnis mereka.

“Melalui program I-SEA, wirausaha sosial di bidang pertanian dan budidaya perikanan berkelanjutan tidak hanya dapat meningkatkan nilai bisnis, namun memperluas dampak positif bisnis mereka secara sosial dan lingkungan,” ujar Chief Executive Officer Instellar Romy Cahyadi dalam rilis pers, Rabu.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif, baik dari segi lapangan usaha maupun kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia pada kuartal I 2023.

Baca juga: Wirausaha sosial Indonesia raih hibah dari DBS Foundation

Berdasarkan data BPS, sektor pertanian (termasuk kehutanan dan perikanan) berkontribusi sebesar 11,7 persen terhadap perekonomian Indonesia dan menyumbang 25,8 persen lapangan kerja, mengacu data Organisasi Buruh Internasional (ILO).

I-SEA adalah program berdurasi 16 bulan yang memberikan dukungan bisnis, peluang berjejaring, dan akses pendanaan melalui empat tahap.

Tahap pertama adalah proses pendaftaran dan seleksi. Bagi yang berminat untuk berpartisipasi bisa langsung mengisi formulir dan mendaftar di https://isea.instellar.id/register.

Pendaftaran dibuka mulai 11 September hingga 31 Oktober 2023. Sepuluh wirausaha sosial akan dipilih untuk mengikuti program ini. Kedua, Launchpad yang memperkenalkan mitra program dan peserta serta mempersiapkan mereka sebelum memasuki tahap Growth and Impact Hack.

Baca juga: Wapres Ma'ruf harap wirausaha dapat lakukan perubahan sosial

Tahap Growth and Impact Hack bertujuan membangun kapasitas untuk meningkatkan skala, dan menjajaki peluang investasi, kemitraan, kolaborasi, dan pembelajaran. Selama fase ini, wirausaha sosial menerima dukungan khusus dari IKEA serta mentor dan pakar eksternal.

Pada tahap keempat dan final, Show and Tell, setiap wirausaha sosial didukung untuk menyempurnakan rencana dan mempromosikan bisnis, serta menghasilkan kampanye unik untuk berbagi kisah mereka melalui acara puncak, yakni Impact Business Days.

“Bagi kami, ini bukan hanya tentang mendukung wirausaha sosial, namun tentang belajar bersama dengan wirausaha sosial – berbagi ragam ide dan menemukan cara kerja baru. Kami menantikan sepuluh wirausaha sosial berikutnya untuk bergabung dalam program ini,” kata Managing Director IKEA Social Entrepreneurship Åsa Skogström Feldt.

Baca juga: Mensos resmikan sentra wirausaha rehabilitasi sosial Meohai Kendari

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023