Solo (ANTARA) -
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mendatangi tiga kota di Amerika Serikat (AS) untuk mempromosikan potensi ekonomi kreatif yang ada di Solo.
 
"Ada tiga kota, Los Angeles, New York, dan Washington DC," kata Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Surakarta Herwin Nugroho di Solo, Jawa Tengah, Rabu.
 
Meski demikian, ia tidak secara detail menyampaikan apa saja subsektor ekonomi kreatif yang dipromosikan dan agenda apa saja yang didatangi oleh Gibran.
 
"Di situ ada wisata juga, kan di situ ada subsektor-subsektornya," katanya.

Baca juga: Gibran ingin kenalkan Solo sebagai pusat budaya yang adaptif
 
Meski mempromosikan potensi ekonomi kreatif yang ada di Solo, menurut dia, pada perjalanan kali ini Gibran tidak mengajak organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.
 
Sementara itu, menurut jadwal, dikatakannya, Gibran yang pergi bersama dengan istrinya Selvi Ananda akan kembali ke Solo pada 15 September 2023.
 
Sebelumnya, ia mengatakan terkait perjalanan dinas tersebut Gibran sudah meminta izin kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Selain itu, izin juga diajukan ke Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kementerian Luar Negeri.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Surakarta Ahyani mengatakan kunjungan Gibran ke negeri Paman Sam itu merupakan permintaan dari Konsulat Jenderal RI (KJRI) di New York.
 
Menurut dia, permintaan sudah disampaikan kepada Gibran sejak enam bulan lalu. Pada saat itu utusan dari KJRI New York datang ke Balai Kota Surakarta untuk bertemu langsung Gibran.***1***
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023