Taipei (ANTARA/PRNewswire) -- Dipimpin Wakil Menteri Shien-Quey Kao, delegasi National Development Council diundang ke Open Government Partnership (OGP) Global Summit Kedelapan yang berlangsung di Tallinn, Estonia, pada 6-7 September 2023. Sejumlah anggota delegasi, termasuk Secretary General, Control, Yuan Judy Fu-Meei Ju; Eksekutif Yuan Open Government National Action Plan Taskforce, Chi-Ming Peng dan Chia-Kai Liu turut berpartisipasi dan memaparkan pencapaian Taiwan di bidang pemerintahan terbuka (open government).
 
OGP Global Summit 2023 membahas kombinasi pemerintahan digital dan pemerintahan terbuka guna membangkitkan demokrasi, serta menangkal ancaman dari rezim otoriter. Agenda acara ini terdiri atas enam topik penting: antikorupsi, tata kelola pemerintahan digital, perubahan iklim, peradilan terbuka (open justice), partisipasi publik dan kewargaan, serta ketahanan demokrasi.

Wakil Menteri Kao mengikuti sesi diskusi bertajuk "From One-Off Engagement to System Change: How Do We Embed Public Participation in Government?" bersama pemerintah Spanyol dan kelompok masyarakat sipil. Sesi diskusi ini membahas cara pemerintah membina SDM dan staf teknis guna menormalisasi mekanisme pembahasan kebijakan dengan partisipasi publik. Di sesi diskusi ini, Wakil Menteri Kao memaparkan, pemerintah Taiwan memakai platform daring (online) sebagai sarana partisipasi publik untuk membahas kebijakan. Pemerintah Taiwan juga mendorong warga agar berinisiatif dan terlibat dalam rancangan kebijakan. Lewat platform tersebut, pemerintah mendengar aspirasi warga dan meningkatkan kepercayaan yang terjalin antara pemerintah dan warga.

Di sisi lain, Secretary General, Control, Yuan, Judy Fu-Meei Ju, mengikuti sesi diskusi lain, dan memaparkan upaya meningkatkan transparansi pendanaan politik di Taiwan. Dia juga membahas pendekatan praktis dalam memverifikasi donasi politik dan mendeteksi pelaporan palsu.

Open Government Partnership adalah lembaga penting yang menggelar konferensi global setiap dua tahun dan mengundang komunitas pemerintahan terbuka di seluruh dunia. Di OGP Global Summit 2019 yang berlangsung di Kanada, Taiwan mengumumkan niatnya untuk menyusun rencana aksi nasional pertama tentang pemerintahan terbuka. Rencana ini pun resmi dilansir pada Januari 2021 sebagai pencapaian penting Taiwan dalam pemerintahan terbuka. National Development Council akan terus bekerja sama dengan kelompok masyarakat sipil dan instansi pemerintah lain, serta terlibat dalam komunitas pemerintahan terbuka global demi memenuhi standar internasional.

Source : National Development Council, Taiwan

Press Contact

NARAHUBUNG: Sandy Hsieh, marketing02@arteck.com.tw

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023