Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa optimistis Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Regional Jawa 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Kota Surabaya pada 29 September - 1 Oktober mendatang, menjadi penguat ekosistem halal.

"Kami bersyukur bahwa Fesyar 2023 kembali dihelat di Surabaya. Kami optimistis akan menjadi penguatan ekosistem halal di sektor keuangan dan industri syariah, makanan minuman hingga pariwisata dan lainnya, khususnya di wilayah Jatim," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Rabu.

Menurutnya, ekosistem halal di Jatim sejauh ini sudah terbangun baik dan Fesyar Regional Jawa 2023 diyakini akan mendorong perkembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah ke arah digitalisasi lebih cepat.

"Dengan digitalisasi, Insya Allah ekonomi dan keuangan syariah bisa sampai kepada masyarakat luas lebih masif di berbagai pelosok," ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu berharap Fesyar 2023 dapat membangun sinergi ekonomi dan keuangan syariah, serta memberi penguatan terhadap pemulihan ekonomi yang inklusif.

"Saya berharap Fesyar 2023 tidak hanya memberi dampak pemulihan ekonomi yang inklusif di wilayah Jawa saja. Melainkan juga akan memberikan resonansi ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan global," ucapnya.

Fesyar merupakan rangkaian kegiatan dari Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) yang sudah masuk tahun ke-10.

Khofifah menyebut gelaran Fesyar yang digagas Bank Indonesia merupakan ajang internasional tahunan terbesar berkaitan dengan ekonomi syariah.

Telah ditetapkan tema untuk Fesyar 2023 adalah "Penguatan Sinergi dan Inovasi Ekonomi dan Keuangan Syariah melalui Dukungan Digitalisasi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Jawa yang Inklusif".

Pada 12 September kemarin, Gubernur Khofifah menerima kunjungan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim Doddy Zulverdi di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Pertemuan tersebut secara khusus tersebut membahas penyelenggaraan Fesyar Regional Jawa 2023, yang rencananya dipusatkan di Grand Atrium Pakuwon Mall dan Tugu Pahlawan Surabaya.

Baca juga: BI Jatim sebut sertifikasi halal bantu UMKM tembus pasar global
 

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nasrullah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023