Jakarta (ANTARA) - Komisi II DPR RI menyetujui pagu anggaran definitif Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebesar Rp308,44 miliar, untuk tahun anggaran 2024.

"Pagu alokasi anggaran LAN 2024 sebesar Rp308,44 miliar," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang dalam rapat kerja bersama Kepala LAN di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Junimart menjelaskan anggaran itu terdiri dari pagu awal sebesar Rp304,33 miliar dan penambahan anggaran hasil pembahasan di badan anggaran (banggar) DPR sebesar Rp4,11 miliar.

Anggaran itu dialokasikan untuk program dukungan manajemen sebesar Rp243,66 miliar dan program kebijakan, pembinaan, profesi dan tata kelola aparatur sipil negara (ASN) sebesar Rp60,66 miliar.

Selain itu, Komisi II juga menyetujui usulan tambahan anggaran LAN sebesar Rp71,93 miliar dan meminta Kepala Banggar DPR, untuk menambahkan ke dalam pagu alokasi anggaran/pagu definitif tahun 2024, melalui pembahasan di badan anggaran DPR.

Sementara itu, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto menjelaskan terdapat dua prioritas nasional yang harus dilaksanakan LAN tahun 2024 yakni penyusunan ekosistem pengetahuan inovasi dan ASN Talent Academy.

kata dia, penyusunan ekosistem pengetahuan inovasi, dimana sejak tahun 2015 LAN telah melaksanakan fasilitasi laboratorium inovasi untuk 117 kabupaten/kota di Indonesia, dan menghasilkan 12.236 ide inovasi.

Sementara, ASN Talent Academy merupakan program pengembangan kompetensi berbasis kemandirian dan diperuntukkan untuk para ASN di seluruh Indonesia. Kegiatan itu bertujuan untuk mengembangkan talenta-talenta muda yang dibutuhkan, untuk menjadikan birokrasi pemerintah Indonesia berkelas dunia.

Baca juga: Komisi II serahkan data tiga juta tenaga honorer ke Menteri PANRB
Baca juga: Komisi VII setujui pagu anggaran 2024 Kementerian ESDM Rp 6,7 triliun
Baca juga: Komisi II DPR setujui anggaran Kemenpan RB Rp466 miliar pada 2024

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023