"Kegiatan seperti ini patut diapresiasi karena telah memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat tentang Pemilu,"
Ambon (ANTARA) - KPU Kota Ambon menilai pelaksanaan kegiatan Gerakan Cerdas Memilih yang dilakukan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Ambon sangat tepat dalam menyajikan informasi yang berkualitas bagi masyarakat mengenai Pemilu.

"Kegiatan seperti ini patut diapresiasi karena telah memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat tentang Pemilu," kata Ketua KPU Kota Ambon M. Shaddeq Fuad di Ambon, Kamis.

Pernyataan M. Shaddeq disampaikan saat menjadi narasumber dalam kegiatan Gerakan Cerdas Memilih di Ambon.

Menurut dia, program seperti ini patut diberikan apresiasi karena RII sebagai lembaga penyiaran publik memberikan edukasi tentang Pemilu kepada masyarakat khususnya penyandang disabilitas sehingga turut mensukseskan pesta demokirasi di Indonesia.

Sebab penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan pemilih lainnya sehingga perlu diajak untuk dapat memahami proses-proses pemilihan umum.

Pendidikan politik seperti ini kalau semakin banyak dilakukan tentunya semakin baik karena lewat sosialisasi yang intens dan kontinyu dapat meningkatkan partisipasi pemilu.

Dia berharap agar kegiatan Gerakan Cerdas Memilih yang dilakukan hari ini menyasar pemilih penyandang disabilitas juga bisa dikembangkan oleh lembaga atau instansi terkait yang lain.

Ketua Koalisi Daerah Organisasi Penyandang Disabilitas Provinsi Maluku Pendeta Yohana Maitimu mengatakan, kegiatan ini sebenarnya merupakan suatu bentuk seruan kepada penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dalam pemilu.

Kendala yang dihadapi difabel ketika pemilu adalah masalah akomodasi dan aksesbilitas.

"Banyak penyandang disabilitas yang masih mengeluhkan dua persoalan ini namun diharapkan di Pemilu 2024 mendatang, penyelenggara pemilu bisa memastikan akomodasi dan aksesbilitas terjamin dengan baik," ucapnya.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023