Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan persiapan matang para atlet atletik Indonesia jelang Asian Games 2022 Hangzhou di China, Oktober mendatang.

“Persiapan atlet saya kira bagus. Sekarang kita (melakukan) TC (training camp) 30 orang di Tianjin, Tiongkok. Pelatihannya jauh lebih bagus karena mereka terkonsentrasi,” kata Luhut saat ditemui di Jakarta, Kamis.

Adanya training camp di Tianjin, China, pun ia sebut sebagai salah satu program pelatihan untuk atlet-atlet atletik Indonesia agar bisa lebih siap lagi dalam berkompetisi, sebelum Pusat Pelatihan Atletik Nasional di Pangalengan, Jawa Barat sepenuhnya rampung.

“Dan kita sedang menyelesaikan (Pusat Pelatihan Atletik Nasional) Pangalengan. Kalau center-nya sudah selesai, sekarang tinggal asramanya. Kita berkolaborasi dengan Kementerian PUPR. Saya kira nanti kita berharap Pak Basuki (Hadimuljono, Menteri PUPR RI) bisa menyelesaikan paling lambat kuartal tahun depan, sehingga nanti bisa untuk 100 orang atlet bisa tinggal di sana,” jelas Luhut.

“Jadi kita selama ini kan kita tidak punya TC yang benar, dan sekarang kita punya di situ. Dan juga ternyata mereka itu suka (berlatih) di China, dan pelatihnya juga bagus di Tianjin,” imbuhnya.

Baca juga: Tim atletik Indonesia jalani TC di China untuk persiapan Asian Games

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI tersebut mengatakan setidaknya ada 15 orang yang akan berangkat ke pesta olahraga terbesar di Asia pada Oktober nanti. Salah satu nama yang dipastikan masuk ke dalam Skuad Merah Putih adalah sprinter Lalu Muhammad Zohri.

“Mungkin Lalu akan lebih lama di sana (Tianjin), karena dia juga ingin bisa kualifikasi untuk masuk ke Olimpiade (2024 Paris). Selain itu, kakinya sudah sembuh selama pengobatan di sini. Sementara, (atlet-atlet) lainnya kelihatannya cukup bagus progresnya,” ujar Luhut.

Mengenai target medali di Asian Games 2022 Hangzhou, Luhut mengatakan dirinya tidak memasangkan target tertentu. Namun, ia tak menampik bahwa emas akan menjadi medali yang sempurna untuk diraih oleh Tim Indonesia di Negeri Tirai Bambu. Terlebih, prestasi tim atletik Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja juga ia nilai sangat baik.

“Kita lihat Asian Games, kan, lebih berkelas lagi ya (jika dibandingkan SEA Games). Kalau SEA Games kemarin, kan, kita sudah kasih prestasi dengan tujuh emas. Dulu targetnya cuma dua, kan? Sekarang kita lihat. Mudah-mudahan emas kita dapatkan,” ujar Luhut.

Baca juga: PASI jadikan Kejuaraan Atletik Asia sebagai uji coba Asian Games
Baca juga: Agus Prayogo bertekad pecahkan rekornas maraton di Asian Games 2022


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023