segera kami buatkan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan kesiapannya untuk membangun toilet komunal bagi 4.792 keluarga di Johar Baru, Jakarta Pusat yang selama ini tidak memiliki fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK).
 
"Soal kamar mandi komunal, segera kami buatkan," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di kawasan Pelabuhan Muara Angke, Kamis.
 
Heru pada kesempatan tersebut mengatakan untuk periode pengerjaan dan target penyelesaiannya akan dijelaskan ke depan, yang jelas secepatnya segera direalisasikan.
 
Sebelumnya anggota DPRD DKI Karyatin Subiyantoro mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meningkatkan kualitas sanitasi di pemukiman padat penduduk.
 
Karyatin menuturkan dengan peningkatan kualitas sanitasi maka dapat menurunkan angka stunting sekaligus bisa memenuhi sasaran pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/ SDGs).
 
Karyatin mengatakan dalam kunjungan ke lapangan masih menemukan rumah-rumah di pemukiman padat yang belum memiliki mandi, cuci, kakus (MCK) sehingga mereka masih buang air besar di badan air.
 
"Di Kecamatan Johar Baru misalnya masih ada 4.792 kepala keluarga (KK) yang belum memiliki MCK," kata Karyatin.
 
Sebelumnya, Heru mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen secara bertahap merevitalisasi (memfungsikan kembali) 16 sungai, danau, embung, dan waduk pada 2023 sebagai persiapan musim hujan.
 
"Kami melakukan penanganan banjir melalui berbagai hal sesuai dengan kebijakan yang telah disusun pada Rencana Pembangunan Daerah tahun 2023-2026," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu.
 
Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga melaksanakan program pemeliharaan prasarana dan sarana pengendalian banjir serta pengembangan sistem pemantauan banjir.
Baca juga: PAM Jaya tuntaskan pembangunan empat reservoir komunal
Baca juga: Pemkot Jakbar pacu pembangunan MCK komunal guna tekan stunting
Baca juga: Pemkot Jakbar dukung Perumda PAM Jaya bangun reservoir komunal

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023