Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat mendukung Perumda PAM Jaya membangun reservoir atau penampungan air komunal di sejumlah lokasi di wilayah tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengatakan, Jakarta Barat merupakan salah satu wilayah di DKI Jakarta yang suplai air bersihnya dari Tangerang. Hal itu dikarenakan 70  persen baku air tanah di wilayah Jakarta Barat kurang baik.

"Melalui pembangunan reservoir komunal tersebut setidaknya membawa harapan bagi masyarakat akan kebutuhan air bersih," ungkap Uus Kuswanto saat menerima Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin bersama jajarannya di Ruang Rapat Wali Kota Jakarta Barat, Rabu.

Ia menyampaikan harapan warga Jakarta Barat melalui masukan serta dorongan dari kalangan legislatif terkait kebutuhan air bersih. Pihaknya turut mendukung yang dilakukan PAM Jaya.

"Kami menghadirkan UKPD terkait agar bisa bersinergi sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: PAM Jaya berupaya tambah kapasitas hingga 10.900 liter per detik
Baca juga: PAM dorong warga lakukan manajemen air untuk pemerataan suplai


Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin menuturkan, pihaknya akan membangun reservoir komunal atau tempat penampungan air skala besar di empat lokasi di wilayah Jakarta Barat. Yakni di wilayah Duri Kosambi, Taman Sari, Gempol Paya-Kalideres dan Semanan.

Ia menargetkan pembangunan reservoir komunal tersebut selesai pada Desember 2023.
"Saat ini kita mengejar target tersebut, maka dari itu saya bertemu Pak Wali Kota supaya bisa terselesaikan," tuturnya.

Terkait kendala masalah aset, Arief mengaku bahwa pembangunan reservoir komunal tetap berjalan dengan dukungan Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto bersama jajarannya.

"Kalau semua perizinannya terpenuhi, maka kami sudah bisa membangun," kata Arief.

Ia menambahkan, pembangunan reservoir komunal dilakukan dalam rangka memperluas jangkauan air bersih untuk masyarakat. Reservoir komunal berfungsi untuk menampung air pada jam saat air tidak banyak digunakan. Kemudian, tampungan air tersebut didorong oleh pompa (booster pump) ke rumah warga.

Ada 9 lokasi yang telah dibangun reservoir komunal, yakni Marunda Kepu, Jalan Cilincing Huk Cacing, Jalan Raya STIP Marunda Makmur, Waduk Pluit–Jalan Muara Baru Penjaringan, Tamansari, Gombol Paya–Kalideres, Semanan, Duri Kosambi dan Kebon Kosong.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023