Jakarta (ANTARA) - CEO Shiny Shoes Ghazali Imam Negoro, salah satu UMKM mitra dompet digital DANA, mengalami lonjakan pertumbuhan bisnis setelah bertransformasi ke digitalisasi.

Melalui platform DANA Bisnis, Ghazali mencatat pertumbuhan omzet yang sebelumnya berada di bawah Rp5 juta (DANA Bisnis Bronze) menjadi di atas Rp5 juta (DANA Bisnis Silver) dalam kurun waktu kurang dari setahun.

“Melakukan digitalisasi bisnis adalah langkah yang tepat untuk mempercepat pertumbuhan bisnis UMKM seperti ini,” kata Ghazali dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Bisnis Ghazali mulanya bergerak di bidang konveksi dan berorientasi pada uang tunai. Namun, kehadiran pandemi dan minimnya dukungan digital membuat bisnis Ghazali menghadapi kesulitan untuk berkembang.

Kemudian, pada 2022, Ghazali membuka bisnis baru, yakni toko cuci sepatu yang kemudian berkembang dan menerima layanan cuci tas dan helm.

Baca juga: Pembayaran lewat dompet digital di RI saingi pembayaran tunai

Namun, Ghazali berhadapan dengan tantangan pergeseran perilaku konsumen yang lebih menggemari transaksi digital. Tren tersebut yang melandasi Ghazali untuk memanfaatkan platform DANA Bisnis.

Platform DANA Bisnis, sambung Ghazali, menyediakan sejumlah fitur digital yang menyederhanakan proses transaksi, seperti riwayat transaksi, QRIS, dan dashboard yang mudah diakses.

Penyederhanaan transaksi melalui layanan digital tersebut sejalan dengan tren transisi perilaku di kalangan pelanggan.

Hal itu yang membuat bisnis Ghazali dapat mengalami pertumbuhan. Usai bertumbuh sebanyak dua kali lipat tiap bulannya, Ghazali membuka cabang baru untuk memperluas jangkauan bisnisnya, di luar cakupan dua cabang sebelumnya di Laladon dan Dramaga.

Ghazali optimistis pemanfaatan digitalisasi dapat menjadi jawaban bagi para UMKM untuk dapat meningkatkan skala bisnis mereka.

Baca juga: Riset: Gopay, dompet digital yang paling banyak digunakan

“Saya yakin ketika semakin banyak bisnis-bisnis kecil dan menengah memberikan opsi pembayaran yang mudah kepada pelanggan, maka semakin banyak juga yang lebih cepat naik kelas,” tambah Ghazali.

DANA Bisnis merupakan salah satu fitur dari DANA Indonesia yang menyasar usaha perseorangan atau UMKM untuk mengelola usaha dan transaksi keuangan digital dalam satu platform pembayaran.

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023