Manado (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara(Sulut) meluncurkan program 'Rabu Bacirita Pemilu' untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pesta demokrasi di tahun 2024.

"Program Rabu Bacirita Pemilu (Rabu Bercerita Pemilu) merupakan program yang diinisiasi KPU Sulut sebagai dukungan terhadap penyelenggaraan pemilu 2024 dan peningkatan derajat atau kualitas pemilu dan demokrasi," sebut Ketua KPU Sulut Kenly Poluan  saat meluncurkan program 'Rabu Bacirita Pemilu' di Manado, Kamis.

Program ini, kata Kenly, akan menjadi program berkelanjutan dimana setiap Rabu KPU akan melakukan kunjungan via zoom meeting kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Komunikasi dengan PPK dan PPS tersebut penting karena akan mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat terkait pemilu.

"Selain itu juga melalui program ini dapat membantu KPU memetakan dan mengukur tingkat partisipasi masyarakatnya," kata Kenly.

Ketua Divisi Sosdiklih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Sulut, Awaluddin Umbola mengatakan, program ini terbentuk dari semangat penyelenggara dan teman-teman PPK dan PPS.

"Kami berharap program juga ini akan membawa dampak positif bagi partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024," kata Umbola.

"Program ini sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat serta memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pelaksanaan pemilu dan demokrasi yang sementara dilaksanakan, kata Sekretaris KPU Sulut, Lucky Firnandy Majanto.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif antara KPU Sulut dengan PPK dan PPS yang sementara mensosialisasikan tahapan dan informasi Pemilu tahun 2024 kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Hadir dalam via zoom meeting Anggota KPU Sulut Meidy Tinangon, Ketua KPU Manado Ferley B. Kaparang, Penata Kelola Pemilu Ahli Madya Aminuddin Ilolu dan Raymond Mamahit, Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Parhubmas Novie Trenly Runtukahu, Fungsional Penata Kelola Pemilu Victor O. Losa serta PPK dan PPS se-Sulawesi Utara.
Baca juga: KPU Sulut berharap pers menyajikan berita mendidik
Baca juga: 49 calon anggota KPU Sulut jalani tes psikologi
Baca juga: KPI imbau lembaga penyiaran siarkan konten netral dukung Pemilu Damai

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023