Misinya untuk memacu perkembangan berkelanjutan dan memantapkan fondasi ekonomi kerakyatan di wilayah perbatasan,
Jambi (ANTARA) - Universitas Jambi (Unja) menjalin kerja sama internasional pengabdian kepada masyarakat bersama dengan Universiti Malaysia Terengganqu (UMT) dan Universitas Karimun untuk meningkatkan pertanian dan pengelolaan lingkungan di pulau terluar Indonesia.

Ketua Program Penguatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Lingkungan pada Kawasan Perbatasan Indonesia dan Malaysia, Rico Wijaya dalam taklimat media yang diterima di Jambi, Jumat, mengatakan kegiatan pemberdayaan ini memiliki tema "Gagas Revolusi Pertanian dan Pengelolaan Lingkungan di Pulau Terluar Indonesia", yang dilaksanakan di Desa Tanjung Hutan, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Ia menjelaskan mengemban misi untuk memacu perkembangan berkelanjutan dan memantapkan fondasi ekonomi kerakyatan di wilayah perbatasan, Unja bersama UTM dan Universitas Karimun telah merintis dua kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang signifikan.

Inisiatif ini, kata dia, terbentang di dua arena utama yaitu optimalisasi budidaya sayuran organik melalui teknologi hidroponik, dan penguatan struktur ekonomi berbasis lingkungan. Kabupaten Karimun dipilih karena Kabupaten Karimun merupakan salah satu kabupaten yang berada di pulau terluar Indonesia.

Pihaknya menargetkan untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian komunitas lokal dalam mengelola limbah rumah tangga di zona perbatasan Indonesia-Malaysia.

“Menghadapi tantangan penumpukan sampah yang belum terkelola secara optimal, terbuka peluang besar untuk mentransformasi limbah ini menjadi pupuk organik berharga, menciptakan keuntungan ekonomi sambil menjaga keharmonisan lingkungan,” katanya.

Ia juga menyebutkan pemberdayaan ini dilakukan dengan menyoroti kebutuhan mendesak pengelolaan sampah yang efektif, kemudian berupaya mengubah paradigma komunitas dalam memandang dan menangani limbah, mengalihkannya dari menjadi masalah lingkungan ke solusi ekonomi yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Pendekatan ini bermaksud menciptakan ekosistem yang sehat di mana nutrisi dari limbah dapat diserap dengan optimal oleh tanaman, mendukung siklus lingkungan yang lestari dan harmonis, demikian Rico WIjaya.

Baca juga: 10 delegasi KKN Kebangsaan Unja dikirim ke perbatasan RI-Malaysia

Baca juga: Unja dan Bukhara State University Uzbekistan kerja sama pendidikan

Baca juga: Unja-Universitas di Belanda, Prancis, dan Slovenia jalin kerja sama

Baca juga: Universitas Jambi- Saudi Electronic University jalin kerja sama

Pewarta: Tuyani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023