Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Kamis (14/9) mengatakan dirinya siap bekerja sama dengan Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam untuk mendorong integrasi dan peningkatan timbal balik proses modernisasi di China dan Singapura secara lebih baik lagi.

Pernyataan tersebut disampaikan Xi dalam pesan ucapan selamatnya kepada Tharman Shanmugaratnam yang terpilih sebagai Presiden Singapura.

Xi mencatat China dan Singapura merupakan negara tetangga yang bersahabat dan mitra penting dalam kerja sama.

Menurut Xi, dengan upaya bersama dari kedua belah pihak, China dan Singapura telah bersama-sama merintis jalan kesuksesan yang menonjolkan pembelajaran timbal balik dan kerja sama yang saling menguntungkan yang memberikan dorongan kuat bagi pembangunan dan peremajaan masing-masing negara, serta menjadi teladan kerja sama antarnegara di kawasan tersebut.

Hubungan China-Singapura tahun ini meningkat menjadi kemitraan berorientasi masa depan yang berkualitas tinggi di segala bidang, yang memetakan arah pembangunan hubungan bilateral tingkat tinggi di era baru, ujar Xi.

Presiden China itu mengatakan dirinya sangat mementingkan pengembangan hubungan China-Singapura dan siap menjalin hubungan kerja yang baik dengan Tharman Shanmugaratnam guna membawa hubungan China-Singapura ke tingkat yang lebih tinggi, mendorong integrasi dan peningkatan timbal balik proses modernisasi yang lebih baik lagi.

Hal itu diharapkan dapat membawa lebih banyak manfaat bagi masyarakat di kedua negara serta memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perdamaian, kemakmuran, dan stabilitas regional.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023