Kami berharap mahasiswa dan dosen Unej mengikuti KKN di wilayah garis perbatasan Indonesia dengan Timor Leste
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember (Unej) dan Universitas Timor (Unimor) melakukan kerja sama untuk menginisiasi kuliah kerja nyata (KKN) tematik di perbatasan Nusa Tenggara Timur dengan Timor Leste.

Kerja sama itu diwujudkan dengan menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat antara kedua rektor yakni Rektor Unej Iwan Taruna dengan Rektor Unimor Stefanus Sio di Kampus Tegalboto Unej, Jumat.

"Kami berharap mahasiswa dan dosen Unej mengikuti KKN di wilayah garis perbatasan Indonesia dengan Timor Leste," kata Rektor Unimor Stefanus Sio saat memberikan sambutan di Jember.

Baca juga: 30 persen mahasiswa Unej ikuti MBKM untuk tingkatkan skill

Menurutnya salah satu agenda kerja sama yang diharapkan adalah kolaborasi tingkat universitas di bidang pemberdayaan masyarakat melalui pelaksanaan KKN Tematik atau KKN Kolaboratif.

"Hal itu diperlukan agar warna dari Merdeka Belajar-Kampus Merdeka terlihat di wilayah perbatasan juga. Jadi tidak melulu hanya di pulau luar Jawa yang besar seperti Kalimantan saja," tuturnya.

Universitas Timor adalah perguruan tinggi yang baru berusia sembilan tahun dan masih banyak hal yang harus disempurnakan, sehingga pihaknya ingin belajar dari pengalaman Unej.

Baca juga: Sejumlah pakar sebut bioteknologi jadi solusi pertanian Indonesia

Rektor Unej Iwan Taruna mengatakan kerja sama merupakan salah satu keharusan sekaligus tuntutan regulasi dan kurikulum perguruan tinggi dimana disyaratkan bahwa setiap perguruan tinggi tidak boleh berdiam diri dan harus melakukan kolaborasi dalam rangka memperkuat jejaring dan mendukung kompetensi lulusan.

“Paradigma kolaborasi atau bekerja sama pada intinya merupakan keharusan pihak manapun dalam menjalankan institusi perguruan tinggi. Dalam hal itu keduanya akan membentuk sebuah simbiosis yang saling memperkuat dan mendukung satu sama lain," katanya.

Selain itu juga untuk tetap berdiri tegak sebagai perguruan tinggi berintegritas kita perlu memiliki diferensiasi agar dapat muncul dengan baik ke tingkat nasional.

Baca juga: Kemendikbud ciptakan wirausaha baru lewat program WMK Tapal Kuda Unej

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023