....mengingat MRT banyak digunakan oleh kaum pekerja di berbagai kawasan bisnis utama Jakarta.
Jakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meningkatkan kualitas layanan pelanggan yang juga menjadi pengguna transportasi publik MRT Jakarta, sehingga sejak pertengahan Agustus 2023 bisa mengakses jaringan saat berada di bawah tanah, baik di setiap stasiun maupun sepanjang jalur.

"Kami memahami bahwa keberadaan jaringan dan sinyal XL Axiata di MRT Jakarta telah menjadi kebutuhan pelanggan untuk tetap terhubung dan produktif, mengingat MRT banyak digunakan oleh kaum pekerja di berbagai kawasan bisnis utama Jakarta," kata Head Network Operations XL Axiata Region Jabodetabek Okrisimon dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Okrisimon menambahkan, selama sekitar tiga minggu sejak layanan perusahaan sudah hadir di jalur bawah tanah MRT Jakarta, tercatat terjadi peningkatan trafik di sepanjang jalur MRT sebesar 7 persen.

Menurutnya, hal itu merupakan awal yang sangat baik, pelanggan langsung memanfaatkan keberadaan koneksi jaringan di MRT Jakarta.

Selain itu, perusahaan akan terus melakukan monitoring terhadap peningkatan trafik yang terjadi di sepanjang jalur MRT Jakarta, termasuk akan terus meningkatkan kualitas jaringan untuk memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi.

Sementara itu, untuk jaringan di sepanjang jalur LRT, perusahaan memastikan kualitas jaringan 4G LTE semuanya sudah terlayani oleh jaringan 4G XL Axiata, baik yang berada di lintas Cibubur maupun lintas Bekasi. Seluruh jalur LRT termasuk semua stasiun telah terlayani oleh lebih dari 2.300 BTS 4G.

“Kami telah melakukan pengecekan kualitas jaringan perusahaan di sepanjang jalur LRT Jabodebek. Sejauh ini bisa kami pastikan bahwa seluruh jalur LRT termasuk semua stasiun baik yang berada di lintas Cibubur maupun lintas Bekasi semuanya sudah terlayani oleh jaringan 4G," katanya pula.

Okrisimon menuturkan, tim jaringan perusahaan akan terus memastikan kualitas jaringan serta melihat potensi dan kebutuhan masyarakat atau pelanggan yang akan menggunakan LRT, sehingga secara keseluruhan jaringan siap jika terjadi peningkatan trafik saat nanti LRT telah beroperasi penuh. Saat ini, kedua rute LRT telah terlayani oleh lebih dari 2.300 BTS 4G.

Hingga akhir Juni 2023, jaringan perusahaan di seluruh Provinsi DKI Jakarta telah melayani lebih dari 2,5 juta pelanggan dengan jangkauan layanan yang telah mencakup 267 kelurahan, 44 kecamatan, 5 kota, dan 1 kabupaten.

Dalam dua tahun terakhir, peningkatan trafik jaringan di DKI Jakarta meningkat sekitar 56 persen dibandingkan tahun 2021, dan jika dibandingkan tahun 2022 meningkat sekitar 21 persen.
Baca juga: XL Axiata pastikan jaringan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung 
Baca juga: XL Axiata lakukan antisipasi lonjakan trafik saat KTT ASEAN 2023

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023