Layanan ini tersedia mulai Jumat (15/9) ini
Jakarta (ANTARA) -
Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyediakan layanan angkutan antar-jemput (shuttle) gratis bagi pengunjung tempat wisata itu dari Stasiun LRT TMII.

Direktur Operasi TMII Arie Prasetyo di Jakarta, Jumat, mengatakan, layanan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan aksesibilitas lebih bagi pengunjung yang ingin mengunjungi destinasi wisata TMII menggunakan transportasi umum.

"Layanan ini tersedia mulai Jumat (15/9) ini dan dapat dinikmati oleh pengunjung TMII yang telah memegang tiket (membeli tiket online sebelumnya)," kata Arie.

Layanan ini merupakan kerja sama antara TMII, taksi ternama di Jakarta dan operator Stasiun LRT untuk menyediakan layanan antar-jemput gratis setiap hari.

Layanannya akan mengangkut pengunjung dari Lobi Stasiun LRT TMII langsung ke Tourist Information Center (TIC) TMII dengan pemberangkatan setiap 30 menit.

Baca juga: Heru: TMII jadi destinasi utama pariwisata DKI Jakarta

Juga, beroperasi dengan jadwal yang teratur, memberikan pengunjung fleksibilitas dalam merencanakan kunjungan mereka ke TMII.

Jadwal keberangkatan dari Stasiun LRT TMII ke TMII dimulai dari pukul 07.00- 19.00 WIB, sedangkan dari TIC TMII ke Stasiun LRT dimulai dari pukul 09.00-20.00 WIB.

Arie berharap dengan adanya layanan itu, pengunjung akan lebih termotivasi untuk menggunakan transportasi umum ketika mengunjungi destinasi wisata TMII.

"Selain memberikan kemudahan aksesibilitas, layanan ini juga akan membantu mengurangi kemacetan dan dampak negatif lainnya di sekitar area TMII," ujarnya.

Ia menilai, bagi pengunjung yang ingin menikmati liburan dengan menggunakan transportasi umum, layanan ini adalah pilihan ideal.

Baca juga: KTT ASEAN, TMII tutup sementara untuk publik

"Dengan layanan ini, pengunjung dapat menikmati keindahan dan keunikan TMII tanpa harus khawatir tentang parkir atau menghadapi kemacetan lalu lintas," katanya. 

Sementara itu, Kepala Seksi Humas TMII Novera Mayang Sari menambahkan penyediaan dua armada angkutan khusus ini gratis diberikan bagi pengunjung yang telah memiliki tiket masuk ke TMII secara daring.

Di Stasiun LRT TMII ini disiapkan petugas untuk memeriksa tiket para pengunjungnya. Jika tiket sudah di tangan maka dapat langsung menaiki armada tersebut menuju TMII.

"Penumpang yang baru turun dari Stasiun LRT TMII akan diturunkan di Tourist Information Center (TIC) TMII, begitu juga sebaliknya," ujarnya.

Angkutan yang disediakan itu berkapasitas 14 tempat duduk dan berangkat setiap 30 menit dari lobi Stasiun LRT dan TIC TMII.

Baca juga: Menteri PUPR: TMII jadi lokasi pameran terkait KTT Ke-43 ASEAN Jakarta

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023