Dalam kondisi kemarau sekarang ini, kita berdoa meminta kepada Allah SWT segera diturunkan hujan agar masalah kekeringan dan karhutla dapat diatasi
Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menggelar salat istisqa atau salat meminta turun hujan kepada Allah SWT untuk mengatasi masalah kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau 2023 ini yang cukup parah karena pengaruh El Nino.

Salat istisqa digelar di lapangan upacara depan Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel, Palembang, Jumat, diikuti personel polda dan masyarakat sekitar dengan imam H Bagus Setiawan LC M.E.

Imam H Bagus dalam khutbahnya seusai salat istisqa mengajak umat Islam untuk segera bertaubat.

Baca juga: Tim gabungan padamkan karhutla pada dua lokasi di Riau 

Kemudian senantiasa mengintrospeksi diri, meminta ampun atas segala dosa, serta memperbanyak istighfar dengan harapan Allah SWT mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan makhluk hidup lainnya.

"Dalam kondisi kemarau sekarang ini, kita berdoa meminta kepada Allah SWT segera diturunkan hujan agar masalah kekeringan dan karhutla dapat diatasi, serta disuburkan segala tumbuhan," ujar ustadz tersebut.

Sementara Kepala Biro SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo usai memimpin kegiatan salat istisqa mengatakan pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat ikut serta dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang akhir-akhir ini cukup parah.

Baca juga: Satgas Karhutla Sumsel berjibaku padamkan karhutla dekat Tol Palindra

"Kita tidak dapat bekerja sendiri dalam menanggulangi dan meminimalkan karhutla. Permasalahan yang terjadi di wilayah kita sekarang ini perlu perhatian bersama. Peran serta pemerintah daerah, para ulama dan stakeholder lain serta seluruh komponen masyarakat sangat membantu," ujarnya.

Selain melakukan salat istisqa, untuk meminimalkan dan mencegah karhutla serta menjaga kamtibmas di Sumsel tetap kondusif, pihaknya menggelar 'Operasi Stop Karhutla'.

Dalam operasi tersebut diturunkan 325 personel BKO Polda Sumsel untuk melaksanakan pencegahan dan penanggulangan karhutla di tiga wilayah yang cukup rentan terjadi karhutla yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba) dan Kabupaten Musirawas (Mura).

"Melalui berbagai upaya tersebut, atas dukungan berbagai pihak dan semua lapisan masyarakat, kami berusaha seoptimal mungkin mengatasi permasalahan karhutla di Sumsel," ujar Kombes Pol Sudrajad.

Baca juga: BPBD Kuningan padamkan 36 karhutla selama Juni-September

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023