Karhutla di Kampar sudah berhasil dipadamkan katanya lagi, sementara di Inhu masih dalam proses pemadaman kini
Pekanbaru (ANTARA) - Tim gabungan terdiri dari TNI-Polri, BPBD dan masyarakat berhasil memadamkan dua lokasi yang terjadi Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kampar dan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

"Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kampar di Riau terjadi sejak Kamis (14/9) dan kini tinggal pendinginan, namun satu lokasi karhutla lagi di Kabupaten Inhu kini masih dalam proses pemadaman," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Masih Edy Afrizal dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Edy mengatakan pada Kamis (14/9) di Riau terdeteksi sebanyak 23 hotspot atau titik panas dan dari 23 titik tersebut yang terkonfirmasi titik api karhutla hanya di tiga lokasi, dua di Kampar dan satu di Inhu.

Karhutla di Kampar sudah berhasil dipadamkan katanya lagi, sementara di Inhu masih dalam proses pemadaman kini.

Baca juga: Satgas Karhutla Sumsel berjibaku padamkan karhutla dekat Tol Palindra

"Untuk dua lokasi karhutla di Kampar selain dilakukan pemadaman oleh satgas darat, juga dilakukan water bombing menggunakan helikopter. Untuk karhutla di Kampar begitu di lakukan water bombing langsung padam namun di Inhu belum dilakukan water bombing," katanya.

M Edy mengatakan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya jumlah hotspot atau titik panas di Riau pada September 2023 jauh menurun meskipun demikian masih ada beberapa hotspot yang terpantau di Riau.

"Selama bulan September 2023 telah terjadi penurunan drastis dalam jumlah hotspot atau titik api di wilayah Riau," katanya.

BMKG Stasiun Pekanbaru merilis prakiraan cuaca di Riau pada Jumat (15/9) hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur wilayah setempat.

Baca juga: BPBD Kuningan padamkan 36 karhutla selama Juni-September

"Hujan mengguyur Riau pada sore hingga dini hari. Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Anggun.

Anggun mengatakan pada malam potensi hujan intensitas ringan hingga sedang yang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kota Dumai.

"Dini hari potensi hujan intensitas ringan yang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kota Dumai, Kota Pekanbaru dan juga Kepulauan Meranti," ujarnya

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 34.0 °C dengan kelembapan udara 50 – 96 persen. Sementara arah angin berhembus ke tenggara – selatan dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," katanya.

Baca juga: Mudahkan tangani karhutla, embung dibuat di Kotawaringin Timur

Pewarta: Frislidia
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023