Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau menyalurkan bantuan logistik permakanan dan perlengkapan tahap kedua untuk korban banjir Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kamis, guna memenuhi kebutuhan mereka.

"Kami saat ini menyalurkan bantuan logistik tahap kedua untuk korban banjir di Rohul karena ada permintaan dari BPBD setempat, sedangkan permintaan bantuan yang sama tahap pertama sudah disalurkan pada 20 Desember 2023," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Edy, distribusi bantuan logistik tahap kedua untuk korban bencana banjir Rohul berupa gula 100 kilogram, sarden 100 kaleng, selimut 100 lembar, kain sarung 100 lembar, goodie bag 100 lembar, sabun cair 408 pcs, sabun batang 432 pcs, dan matras 20 lembar.

Baca juga: BPBD Riau salurkan makanan untuk empat daerah terdampak banjir

Selain itu, juga bantuan beras sebanyak 500 kilogram yang merupakan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau.

Ia menyebutkan bantuan logistik tahap pertama di Rohul di antaranya gula 100 kilogram, sarden 96 kaleng, minyak goreng 48 liter, selimut 100 lembar, kain sarung 100 lembar, goodie bag 100 lembar, sabun cair 408 pcs, dan sabun batang 432 pcs.

"Sesuai arahan Gubernur dan Sekda Riau, kami siap mendistribusikan bantuan untuk korban bencana banjir sepanjang ada surat permintaan," katanya.

Baca juga: Riau tetapkan status siaga darurat bencana hidrometeorologi

Sementara itu, Forecaster on Duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Mia Vadilla mengatakan hujan mengguyur diprediksi sore hingga dini hari kendati tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja.

Ia menyebutkan, pada malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Rokan Hulu. Pada dini hari potensi hujan terjadi di sebagian besar wilayah Riau.

"BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, berpotensi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Kepulauan Meranti, dan Rokan Hilir," katanya.

Baca juga: BPBD Riau imbau daerah antisipasi banjir dan longsor

Suhu udara Riau berada pada angka 22-31 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut–Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50-1.25 meter.

Pewarta: Frislidia
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023