Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Barat terendam banjir akibat hujan lebat dan air pasang laut pada Senin.

"Saat ini tim masih di lapangan membantu korban banjir," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan hujan lebat yang turun pada pukul 12.00 WIB hingga sore (15.30 WIB) mengakibatkan beberapa titik di Kota Pangkalpinang terendam banjir.

Baca juga: 15 kelurahan di Kota Pangkalpinang terendam banjir

Lima daerah yang terendam banjir di Kota Pangkalpinang, di antaranya Kampung Bintang, Kampung Katak, Gang Al Falag Air Kepala Tujuh, dan Jalan Balai Kota Pangkalpinang.

"Saat ini, kami belum mendapatkan laporan kondisi banjir di Bangka Barat, karena tim masih berjibaku membantu korban banjir di daerah itu," katanya.

Menurut dia, saat ini banjir masih berlangsung dan tim reaksi cepat masih di lapangan membantu korban banjir. Apalagi hujan deras masih terjadi, sehingga tim belum bisa melaporkan kejadian bencana alam tersebut.

"Saat ini kami tengah menyusun laporan berapa warga terdampak banjir, ketinggian air dan lainnya," katanya.

Baca juga: Tim gabungan bantu evakuasi korban banjir di Pangkalpinang

Baca juga: Ribuan rumah di 9 kelurahan Pangkalpinang terendam banjir


Ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan segera menyelamatkan barang-barang berharga ke tempat lebih aman jika hujan lebat terus berlangsung dan ketinggian air semakin tinggi.

"Saat ini tim masih di lapangan membantu korban banjir," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024