Kuala Lumpur (ANTARA) - Biro Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB) Kementerian Transportasi Malaysia mengeluarkan laporan awal hasil investigasi dari kecelakaan pesawat Beechcraft Model 390 yang jatuh di Elmina, Shah Alam, Selangor, Malaysia pada 17 Agustus 2023.

Temuan yang disampaikan dalam laporan awal AAIB di portal resmi Kementerian Transportasi Malaysia diakses di Kuala Lumpur, Jumat, menyebutkan pilot dari pesawat dengan nomor registrasi N28JV milik Koperasi Amanah Pelaburan Berhad yang dioperasikan oleh Jet Valet Sdn Bhd itu berlisensi dan memenuhi syarat untuk penerbangan sesuai dengan peraturan yang ada.

Pesawat memiliki sertifikat kelaikan udara yang sah dan telah dirawat sesuai dengan peraturan.

Insiden tersebut terjadi pada siang hari dengan jarak pandang yang jelas dan kondisi meteorologi yang baik. Tidak ada bukti ketidakmampuan atau faktor fisiologis yang mempengaruhi kinerja awak pesawat.

Dalam laporan penyebab kematian tertulis, laporan resmi post-mortem ditunda pada saat laporan awal itu diterbitkan. Namun bukti menunjukkan bahwa kedua pilot tidak mengalami ketidakmampuan kokpit.

Oleh karena itu, hipotesis bahwa penyebab medis dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecelakaan itu dapat diabaikan.

Laporan awal juga menyebutkan kecelakaan tidak dapat dihindari karena besarnya gaya dan kebakaran pasca-tabrakan.

Namun demikian, untuk laporan penyebab atau faktor yang berkontribusi terjadinya kecelakaan baru akan disertakan dalam laporan final. Begitu pula analisis terjadinya kecelakaan dan rekomendasi keselamatan baru akan disampaikan dalam laporan akhir.

Catatan dalam laporan awal tersebut menyebutkan analisis awal terhadap rekaman Cockpit Voice Recorder (CVR) yang berhasil dipulihkan telah memberikan petunjuk penting untuk mengungkap penyebab kecelakaan, dengan fokus pada sistem kendali penerbangan pesawat.

Hasil dari inspeksi dan pemeriksaan suku cadang dan komponen pesawat terkait di Laboratorium NTSB dan OEM yang tertunda diperlukan untuk memberikan bukti kolaboratif dan atau konklusif dalam menentukan penyebab kecelakaan.

Pesawat Beechcraft Model 390 dengan nomor registrasi N28JV mengalami kecelakaan, jatuh di Shah Alam, menewaskan delapan orang yang ada di dalam pesawat nahas tersebut, serta dua pengguna jalan raya yang sedang melintas.

Baca juga: Malaysia akan kirim CVR pesawat jatuh di Selangor ke AS
Baca juga: Autopsi 10 korban pesawat jatuh di Selangor selesai, tunggu hasil DNA
Baca juga: Pemerintah Malaysia minta warga serahkan video pesawat jatuh di Elmina

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023