Pekanbaru (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag)  Zulkifli Hasan menyerahkan bantuan beasiswa sebesar Rp300 juta untuk 100 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) guna mendukung pendidikan mahasiswa kurang mampu agar tetap kuliah.

Bantuan beasiswa tersebut diserahkan saat Mendag menjadi pembicara pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Masa Ta'aruf 2023, di Pekanbaru, Jumat.

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan bantuan tersebut diserahkan kepada mahasiswa Umri masing-masing Rp3 juta dan siapa yang menerima diserahkan kebijakannya kepada Rektor Dr Saidul Amin.

Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku juga kader Muhammadiyah. Ia juga menegaskan bantuan beasiswa itu berasal dari uang yang halal dan toyyib.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Riau-Unri jajaki kerja sama buka FK

"Selain itu saya juga Ketua Umum PAN yang memiliki anggota DPR dan DPRD se-Indonesia sebanyak 2.000 orang. Gaji anggota dewan ini dipotong 20 persen dan kita kumpulkan. Kemarin terkumpul Rp160 miliar dan kita sebar untuk dikembalikan kepada mahasiswa dan masyarakat kurang mampu," ujarnya. 

Zulkifli Hasan juga mengingatkan mahasiswa untuk terus giat belajar karena tempat kuliah yang bagus hanya sebagai penunjang. Tetapi yang menentukan masa depan adalah diri sendiri.

"Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, akan ada jalan berliku dan mendaki. Tetapi percayalah setiap kesulitan yang kita hadapi akan meningkatkan derajat kita. Jangan khawatir dengan ujian dan cobaan," katanya. 

Baca juga: UMRi jajaki kerja sama dengan Univesitas Al-Azhar Kairo

Pewarta: Frislidia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023