Kami memohon dukungan Bapak Presiden untuk mewujudkan IPB Innovaton Valley ini.
Kota Bogor (ANTARA) - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Arif Satria meminta dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan IPB Innovation Valley menjadi pusat pertanian modern, sekaligus pusat pelatihan petani dan nelayan di negara-negara dunia ketiga.

"Pada kesempatan ini kami memohon dukungan Bapak Presiden untuk mewujudkan IPB Innovaton Valley ini," kata Arif Satria saat membuka Dies Natalies Ke-60 IPB University, di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Arif Satria kepada Presiden Jokowi yang hadir dalam acara tersebut, menerangkan saat ini IPB sedang mengembangkan IPB Innovation Valley di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor untuk peternakan dan perkebunan. Sementara, di Pelabuhan Ratu untuk kemaritiman, dan di Gunung Walat untuk kehutanan.

IPB Inovation Valley di Jonggol mengembangkan peternakan, buah-buahan, budi daya cassava, serta perkebunan kelapa sawit. Di sana dibangun pabrik pengolahan pakan ternak, pabrik pengolahan CPO (didukung oleh PTPN3), dan berencana membangun pabrik mini minyak goreng.

Ia berharap, pada tahun 2027 tema yang diangkat IPB "global leadership in innopreneurship agar inovasi-inovasi IPB" makin mendunia.

Arif menyampaikan, sejauh ini, kontribusi pengembangan ini bagi pencapaian SDGs, tahun 2023 IPB mendapatkan apresiasi dari Time Higher Educaton (THE) Impact Ranking 2023.

IPB masuk peringkat 10 besar dunia untuk SDGs 1 (No Poverty) dan peringkat 9 dunia SDGs 2 (Zero Hunger), dan peringkat 1 dunia SDGs 8 (Decent Work and Economic Growth).

Menteri Bappenas Suharso Manoarfa menobatkan IPB sebagai perguruan tinggi terbaik 1 dalam SDGs Action Award tahun 2022.

"Alhamdulillah di bidang pertanian dan kehutanan, menurut QS WUR 2023, IPB masih berada di top 10 Asia, 51 dunia, dan peringkat pertama di Asia Tenggara," demikian Arif Satria.
Baca juga: IPB University siapkan 21.500 link kursus bersertifikat kerja
Baca juga: Presiden Jokowi hadiri Dies Natalis ke-60 IPB University


Pewarta: Linna Susanti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023