Gorontalo (ANTARA) - Sejumlah wisatawan manca negara mengaku sangat terkesima saat mengunjungi kawasan mangrove dan habitat kelelawar yang ada di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo.

"Kami senang bisa diajak berkunjung ke pulau ini untuk melihat kawasan hutan mangrove dan habitat kelelawar," kata Torsten, wisatawan asal Jerman, di Gorontalo, Jumat.

Ia dan beberapa wisatawan manca negara datang berwisata di Pulau Saronde dan diajak berkeliling pulau di antaranya Pulau Ponelo. Salah satu pulau berpenghuni dari 52 pulau yang ada di daerah itu.

"Kami sangat menikmati keindahan alam di pulau ini. Masyarakatnya sangat ramah. Kami pun sempat mengunjungi salah satu sekolah yang ada," kata Torsten merasa puas.

Pihak pengelola objek wisata Pulau Sadonde Feranando Thalib mengatakan pihaknya sengaja membawa para wisatawan manca negara yang datang ke pulau itu untuk mengelilingi pulau pulau lain termasuk Pulau Ponelo.

"Kami menggunakan perahu milik warga yang ada di Pulau Ponelo untuk mengantar para wisatawan. Ini bagian dari kerja sama dan pemberdayaan masyarakat agar bisa meraup pendapatan dampak dari kunjungan wisatawan di Pulau Saronde," katanya.

Kesenian tradisional yang ditampilkan, sajian kuliner juga dikerjasamakan dengan masyarakat di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

"Mereka (wisatawan) sangat terkesima dengan keindahan alam dan keramahan masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorontalo Utara Robin Daud mengatakan pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan penataan kepariwisataan daerah, baik infrastruktur, sumber daya manusia (SDM) maupun kerja sama lintas sektor.

Pulau Saronde merupakan salah satu objek wisata unggulan yang telah dikerjasamakan dengan pihak investor.

"Kami berharap pihak pengelola pulau ini dapat terus berinovasi mengembangkan Pulau Saronde sebagai objek wisata andalan dan unggulan di daerah ini maupun Provinsi Gorontalo. Termasuk menggerakkan pemberdayaan masyarakat seperti yang telah dilakukan," katanya.

Menurutnya, kawasan hutan mangrove dan habitat kelelawar menjadi salah satu potensi pariwisata yang dapat dikerjasamakan antara pemerintah desa dengan pihak pengelola Pulau Saronde.

Adapun Kecamatan Ponelo Kepulauan menjadi salah satu wilayah penyanggah wisata Pulau Saronde.

"Kita dorong terus pemerintah kecamatan maupun desa di pulau ini, untuk dapat melakukan terobosan mengandalkan potensi pariwisata yang dimiliki," katanya.

Baca juga: Komunitas penyelam tanam terumbu karang di wisata hiu paus Botubarani

Baca juga: Torosiaje, surga bahari di ujung Gorontalo

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023