Jakarta (ANTARA) - Polres Brebes memberikan edukasi tertib lalu lintas kepada siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Brebes, untuk menekan angka kecelakaan dan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam berlalu-lintas.

Siaran pers Polres Brebes yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu, Kasatlantas Polres Brebes AKP Edi Sukamto turun tangan mengajar tentang tertib berlalu-lintas yang disambut antusias para siswa SLB Negeri Slawi.

Materi yang diajarkan, antara lain pengetahuan rambu lalu lintas dan pentingnya keselamatan di jalan raya, penggunaan trotoar dan lintasan penyeberangan yang aman.

Baca juga: KemenPPPA apresiasi Polres Brebes tangkap enam pelaku pemerkosa anak

“Kegiatan edukasi ini dilakukan sebagai bagian dari program Polda Jateng dan kepedulian Polres Brebes terhadap masyarakat agar angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan, juga meningkatkan pemahaman dan kesadaran berlalu-lintas, khususnya kepada para siswa yang berkebutuhan khusus,” ucap AKP Edi Sukamto di hadapan siswa SLB Negeri Slawi, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (14/9)..

Selain memberikan edukasi, AKP Edi Sukamto juga memberikan penghargaan kepada siswa-siswi SLB yang telah memiliki SIM dan helm, sebagai bagian dari kepatuhan dalam berlalu-lintas.

Polres bersama Forum Lalu Lintas Kabupaten Brebes, terus berkomitmen meningkatkan pemahaman dan kesadaran berlalu lintas kepada masyarakat umum dan pelajar, termasuk siswa berkebutuhan khusus.

Apresiasi terhadap Polres Brebes juga disampaikan oleh Kedeputian V Kantor Staf Presiden, bidang HAM penyandang disabilitas, Sunarman Sukamto.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Polres Brebes, yang telah memberikan atensi khusus kepada siswa-siswi SLB Negeri Slawi, untuk memberikan pendidikan berlalu lintas yang baik," katanya.

Baca juga: KemenPPPA apresiasi Polres Brebes tangkap enam pelaku pemerkosa anak

Baca juga: Polisi tetap selidiki dugaan perkosaan seorang anak di Brebes


Ia menilai kegiatan itu sangat penting agar kelak siswa-siswi difabel tersebut juga menjadi warga negara yang memahami dan mematuhi peraturan berlalu lintas, sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan sesama pengguna jalan.

Sunarman Sukamto berharap agar kegiatan Kasatlantas Polres Brebes bisa menginspirasi Satlantas Polres lain di Jawa Tengah dan Indonesia agar setiap anak bisa memahami dan sadar terhadap pentingnya berlalu lintas sejak usia dini.

Pewarta: Budhi Santoso
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023