Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (15/9) menjadi sorotan, di antaranya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat untuk menghindari politik identitas pada pemilu hingga PKB mengapresiasi keputusan PKS yang merestui Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Bamsoet ajak masyarakat hindari politik identitas

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak semua pihak menjadikan Pemilu Serentak 2024 sebagai pesta demokrasi yang damai dan penuh suka cita, tanpa diwarnai praktik politik identitas hingga menimbulkan perpecahan.

"Jangan sampai ada polarisasi ataupun politik identitas dalam Pemilu 2024 nanti. Jangan ada perpecahan di antara masyarakat. Jangan ada lagi kubu 'cebong' dan 'kampret'. Mari kita semua bersikap dewasa dan menjadikan Pemilu 2024 yang damai dan membahagiakan," kata Bamsoet di Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

2. Kasad Dudung ngibing di Makodam III Siliwangi

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama para pejabat tinggi Mabes TNI AD, Kodam III Siliwangi dan Polda Jabar, didampingi para istrinya, berjoget (ngibing) di Markas Komando Daerah Militer (Makodam) III/Siliwangi, Bandung, Kamis.

Dudung bersama para pejabat TNI AD dan Polda Jawa Barat tersebut, ngibing dengan dipandu para penari jaipong dan diiringi musik Sunda yang dibawakan oleh grup musik Ega Robot Ethnic.

Aksi ngibing yang mendapatkan perhatian dari masyarakat dan undangan yang hadir di Makodam III Siliwangi itu, dilakukan setelah digelar berbagai pertunjukan budaya dari berbagai daerah di Jawa Barat dan Banten, seperti angklung, ketuk tilu, Raja Dogar, Sisingaan, jaipongan dan lain-lain.

Selengkapnya klik di sini.

3. Prabowo susun tim pemenangan Pilpres

Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menyebut tengah menyusun tim pemenangan menyongsong Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

“Tentang tim pemenangan, kita sedang susun ketua timnya kita juga akan bicarakan dan kita juga akan approach beberapa tokoh ya,” kata Prabowo saat konferensi pers usai pertemuan para ketua umum partai politik KIM di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (14/9) malam.

Selengkapnya klik di sini.

4. Jokowi puji inovasi produk pertanian IPB

Presiden Joko Widodo memuji inovasi produk-produk pertanian yang dihasilkan Institut Pertanian Bogor (IPB) karena sudah dikemas dan mendapatkan sentuhan pemasaran sangat baik.

"Ada macam-macam (produk pertanian) dengan kemasan-kemasan yang sudah sangat modern, dengan brand yang sangat kelihatan sekali digarap dengan sentuhan marketing yang sangat bagus," kata Jokowi dalam Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 IPB di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

5. PKB apresiasi keputusan PKS restui Cak Imin jadi bakal cawapres Anies

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Cucun Syamsurijal mengapresiasi keputusan Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera yang resmi merestui Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi bakal calon presiden Anies Baswedan.

"Kita apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Majelis Syura PKS seluruh Indonesia yang sudah memutuskan dan menerima, ahlan wa sahlan, selamat datang untuk Gus Imin untuk digandengkan dengan Mas Anies," tutur Ketua DPP PKB Cucun Syamsurijal di Bandung, Jawa Barat, Jumat malam.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023