Kegiatan serupa akan diselenggarakan di Makassar pada 5 Oktober 2023 dan Yogyakarta pada November 2023
Mataram (ANTARA) - PT Sumbawa Timur Mining (STM), pemilik Kontrak Karya (KK) generasi ke-7 Proyek Hu’u di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, memberikan pembekalan karir dan sosialisasi kepada mahasiswa asal Dompu di Kota Mataram, Kota Makassar dan Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan lebih luas kepada mahasiswa tentang berbagai peluang dan pilihan karir setelah lulus kuliah, sekaligus menyosialisasikan perkembangan eksplorasi Proyek Hu’u.

"Kegiatan ini difasilitasi oleh lembaga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Persolkelly. Para fasilitator membantu mengembangkan softskill mahasiswa sebagai bekal masuk dunia usaha atau dunia kerja," kata Principal Communication PT STM, Cindy Elza di Mataram, Sabtu.

Selain memberikan wawasan karir, perusahaan juga menggunakan kesempatan ini untuk melakukan sosialisasi mengenai Proyek Hu’u. Diharapkan para mahasiswa memiliki pemahaman yang tepat tentang berbagai aspek Proyek Hu’u yang saat ini dalam tahap eksplorasi.

Kegiatan ini pertama diadakan di Kota Mataram pada Sabtu, 16 September 2023. Kegiatan serupa akan diselenggarakan di Makassar pada 5 Oktober 2023 dan Yogyakarta pada November 2023.

Baca juga: Okupansi kamar hotel di NTB jelang MotoGP Mandalika mulai penuh

Baca juga: Pembangunan Aglomerasi pabrik hasil tembakau di Lombok Timur rampung


Di Mataram, pembekalan karir dan sosialisasi bertajuk 'Yang Muda Siap Kerja' diadakan di Aston Inn Hotel. Sebanyak 50 mahasiswa asal Dompu ikut dalam kegiatan ini.

Cindy menjelaskan bahwa sosialisasi ini merupakan bentuk keterbukaan informasi perusahaan.

“Kami ingin para mahasiswa mendapatkan informasi yang tepat terkait Proyek Hu’u. Informasi yang diberikan meliputi gambaran umum eksplorasi hingga berbagai aspek dan dampaknya di tengah masyarakat, termasuk aspek ketenagakerjaan, pengelolaan lingkungan, kesempatan berusaha, serta pengembangan masyarakat,” ujarnya.

Menurut dia, para mahasiswa ini dalam waktu dekat akan memasuki kompetisi pasar tenaga kerja. Ada juga yang ingin kembali ke kampung halaman dan berminat tinggi bergabung dengan PT STM.

“Namun sebagai kelompok terdidik, mahasiswa perlu memahami rasio antara ketersediaan lapangan kerja dan jumlah pencari kerja yang tidak selalu seimbang sehingga kompetisi pasti terjadi," kata Cindy.

Ia berharap sepulang dari kegiatan ini, wawasan mereka bertambah mengenai berbagai pilihan karir yang dapat dipilih selepas lulus, serta tahu cara untuk meraihnya.

"Dengan demikian, mereka lebih siap berkompetisi dan mengembangkan kemampuan di manapun industri yang diminati,” katanya.

Narasumber dari Persolkelly, Christina Nangoi menambahkan pembekalan dimulai dengan membantu peserta memahami tujuan dan pilihan karir berdasarkan minat dan kemampuan masing-masing.

Kemudian hal ini dilanjutkan dengan membantu peserta memahami tiga keahlian utama yang perlu dimiliki, yakni dari sisi karakter, fungsional dan teknikal.

"Kami membimbing peserta untuk membuat alat pemasaran diri berupa resume pribadi yang ringkas dan menarik. Selain itu, fasilitator juga berbagi tips dan trik terkait pemanfaatan teknologi digital dalam mengakses berbagai informasi tentang peluang kerja dan melakukan interview," ujarnya.

PT STM merupakan perusahaan patungan antara Eastern Star Resources Pty Ltd (80 persen), anak perusahaan oleh Vale SA dan PT Antam Tbk (20 persen).

Berdiri sejak tahun 1998, STM menjadi pengelola Proyek Hu’u melalui Kontrak Karya (KK) generasi ke-7 di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu (Pulau Sumbawa) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Luas wilayah KK adalah 19.260 hektare, meliputi Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima. Saat ini, PT STM sedang melakukan kegiatan eksplorasi mineral untuk mewujudkan tambang tembaga kelas dunia yang ditunjang dengan energi terbarukan.

Baca juga: Tiket MotoGP Mandalika 2023 sudah terjual 11 ribu lembar

Baca juga: PUPR NTB: Perbaikan Jalan Bypass BIL-Mandalika sudah tuntas






 

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023