Prioritas utama perusahaan selama masa aktivitas eksplorasi pertambangan adalah keselamatan.
Jakarta (ANTARA) - PT Sumbawa Timur Mining (STM), pemilik kontrak karya generasi ke-7 Proyek Hu’u di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah mencapai enam juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja berat terhitung sejak tahun 2022.

"Pencapaian ini adalah hal yang berharga bagi perusahaan, mengingat kegiatan eksplorasi di industri pertambangan merupakan lingkungan kerja yang berisiko tinggi," kata Kepala Teknik Tambang STM Yan Fuadi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.

Yan Fuadi saat penutupan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 di Kecamatan Hu’u, NTB, mengatakan prioritas utama perusahaan selama masa aktivitas eksplorasi pertambangan adalah keselamatan. Perusahaan ini melakukan kegiatan eksplorasi mineral di Dompu.

"Kami sangat mementingkan kepatuhan terhadap protokol keselamatan yang ketat demi menjamin lingkungan kerja yang aman bagi semua pekerja yang terlibat di Proyek Hu’u. Kami bersatu untuk mempertahankan standar tertinggi, mengurangi risiko kecelakaan kerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman,” katanya pula.

Yan Fuadi juga menyampaikan beberapa penerapan budaya K3 di Proyek Hu’u yang selama ini dilakukan oleh perusahaan. Program tersebut melingkupi semua lini mulai dari bagian terdepan hingga manajemen melalui pelatihan K3 bagi karyawan lokal dan nasional, serta sosialisasi K3 kepada masyarakat area lingkar tambang.

Salah satu program yang diterapkan yaitu stop work authorization, sebuah hak yang dimiliki setiap karyawan untuk menghentikan pekerjaan yang terlihat tidak aman dan manajemen memberikan jaminan tidak akan ada konsekuensi dari penghentian tersebut.

Acara penutupan Bulan K3 dihadiri oleh perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepala Disnakertrans Kabupaten Dompu Miftahul Su’adah, Kepala karyawan STM , dan juga perwakilan seluruh kontraktor yang terlibat di Proyek Hu’u.

Sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2024, STM melaksanakan rangkaian Bulan K3 Nasional Tahun 2024 di area proyek Hu’u.

Kegiatan meliputi perlombaan bertemakan K3 yang melibatkan karyawan dan kontraktor STM, edukasi kepada masyarakat terkait penanganan kebakaran di rumah tangga, dan edukasi kepada siswa sekolah tentang berkendara yang aman serta bahaya penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, perusahaan juga menyelenggarakan program donor darah, berhasil mengumpulkan 86 kantong darah.
Baca juga: Fahri: Pulau Sumbawa ideal untuk pariwisata dan pertambangan
Baca juga: Pembangunan smelter tembaga Amman di NTB sudah 76 persen

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024