Sebanyak 23 orang tenaga medis juga dipersiapkan untuk memberikan pelayanan selama kegiatan berlangsung
Jakarta (ANTARA) - Lebih dari 2.000 warga Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, akan mendapatkan pemeriksaan mata dan ditargetkan sebanyak 200 orang di antaranya menjalani operasi katarak gratis.

"Layanan kesehatan mata gratis ini berlangsung di dua lokasi yaitu di lapangan Desa Sawe, Kecamatan Hu’u, pada 18 hingga 19 Desember 2023 dan Lapangan Beringin, Kantor Pemda Dompu, pada 21 hingga 22 Desember 2023," kata Manajer Hubungan Masyarakat PT Sumbawa Timur Mining (STM), Ulya Defretes, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Kegiatan ini dilakukan oleh PT STM, pemilik kontrak karya generasi ketujuh proyek Hu’u, Kabupaten Dompu, NTB, bekerja sama dengan John Fawcett Foundation (organisasi nirlaba di bidang pemulihan penglihatan dan pencegahan kebutaan), dan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu.

Layanan yang diberikan selain operasi katarak, adalah pemeriksaan mata, pemberian obat tetes mata serta pemberian kacamata berdasarkan hasil pemeriksaan.

Baca juga: Kemensos bantu lebih 6.000 orang jalani operasi katarak cegah kebutaan

Sebanyak 23 orang tenaga medis juga dipersiapkan untuk memberikan pelayanan selama kegiatan berlangsung.

Selain masyarakat umum, kegiatan ini juga ditujukan kepada pelajar di empat sekolah di Kabupaten Dompu.

Ulya mengatakan layanan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasional STM, khususnya di sekitar Kecamatan Hu’u dan ibu kota Kabupaten Dompu.

"Dengan adanya pengobatan katarak secara gratis ini, kita berharap warga yang mengalami gangguan kesehatan mata, terutama katarak, bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik dan produktif," kata Ulya Defretes.

JFF kembali dipercaya menjadi mitra pelaksana dengan mendatangkan langsung dari Bali sebanyak dua unit mobil klinik mata keliling untuk operasi katarak.

"Kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, terutama di wilayah kerja STM. Kegiatan ini mempermudah masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan mata yang berkualitas," ujar Ulya.

Baca juga: Kemensos bantu penderita katarak di Jayapura bisa melihat jelas
Baca juga: Mensos jamin fasilitas dan keberlanjutan 643 pasien operasi katarak

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023