Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya meningkatkan kompetensi dan pemahaman kebijakan terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3) para ahli K3, salah satunya melalui program peningkatan kompetensi yang dilakukan Ditjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3.

"Tujuan kegiatan ini untuk menekan terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di lingkungan kerja, serta menjaga dan mendorong produktivitas usaha," ujar Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Haiyani mengatakan pentingnya kegiatan program peningkatan kompetensi ahli K3 yang diadakan pada 14 Maret lalu itu, karena keberadaan posisi dan peran ahli K3 sangat penting dan strategis di tempat kerja, sebagai tenaga teknik berkeahlian khusus dari luar Kemnaker.

Baca juga: Kemnaker dorong Ahli K3 sebagai agen perubahan berbudaya K3

Dia menyebut para ahli K3 bertugas mengawasi dan memastikan semua karyawan menaati peraturan perundang-undangan bidang K3.

"Karenanya, selain merupakan target pencapaian rencana strategis Kemnaker, peningkatan kompetensi Ahli K3 sangat penting dilaksanakan sebagai sarana komunikasi dan edukasi agar para Ahli K3 dapat menambah wawasan tentang K3," ujar Haiyani.

Lewat kegiatan itu, Haiyani berharap dilakukan penyusunan dan pembaharuan regulasi di bidang ketenagakerjaan, inovasi pelaksanaan pembinaan dan pengawasan serta pelayanan K3, yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

"Kami apresiasi ahli K3 yang selama ini telah melaksanakan tugas dengan baik, mengawal pemenuhan syarat-syarat K3 di tempat kerja, melakukan inovasi, dan mencari terobosan baru untuk mengembangkan implementasinya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bina Kelembagaan K3, Hery Sutanto mengatakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Ahli K3 Tahun 2024 merupakan yang pertama dari delapan rencana kegiatan. Rencananya digelar secara simultan pada 2024. Target peserta tahun ini sebanyak 50 persen dari 32.460, yaitu sebanyak 16.230 peserta.

Baca juga: Kemnaker terus tingkatkan kompetensi Ahli K3 tekan kecelakaan kerja

Baca juga: Ahli K3 ingatkan pengendara berprilaku aman saat mudik


"Setiap kegiatan target peserta sejumlah 25 orang dari Direktorat Bina Kelembagaan K3 dan perusahaan melalui luring, serta sebanyak 2.500 orang Ahli K3 Umum melalui daring," ujar Hery Sutanto.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024