Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi asap untuk cuaca di Kota Palembang, serta memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia mengalami hujan ringan pada Minggu.

Info BMKG dalam keterangannya diikuti di Jakarta, merinci prakiraan cuaca untuk kota Banda Aceh, Padang, dan Tanjungpinang, kondisi cuaca berpotensi hujan ringan. Perlu diwaspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat petir di kota Pekanbaru dan potensi hujan lebat di kota Medan.

Cuaca di kota Jambi diperkirakan kondisi cuaca berkabut, kemudian potensi asap terdapat di Kota Palembang. Untuk Bandar Lampung diperkirakan kondisi cuaca yang berpotensi berawan tebal, dan untuk Bengkulu diperkirakan berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Perlu diwaspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai petir di Kota Pangkal Pinang .

Di Pulau Jawa, pada Kota Serang, Jakarta, Yogyakarta dan juga Surabaya kondisi cuaca di perkirakan berpotensi berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan yakni di Kota Bandung dan Semarang.

Baca juga: BMKG memprakirakan Jakarta cerah berawan pada Minggu malam
Baca juga: Jumlah titik panas di Kaltim turun menjadi 26


Beralih ke Pulau Bali dan Nusa Tenggara, untuk Kota Kupang, Mataram dan juga Denpasar kondisi cuaca diperkirakan cerah hingga berawan.

Beralih ke Pulau Kalimantan, untuk Tanjung Selor diperkirakan kondisi cuaca cenderung berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan di Kota Palangkaraya.

Sementara Kota Samarinda berpotensi hujan sedang, perlu di waspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat petir yakni di Kota Banjarmasin, serta hujan lebat di kota Pontianak.

Ke Pulau Sulawesi untuk Kota Gorontalo diprakirakan kondisi cuaca cerah berawan. Sementara Kota Makassar dan juga Kendari diprakirakan berawan, untuk Kota Palu diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Perlu diwaspadai adanya potensi hujan sedang di Mamuju dan juga potensi hujan yang dapat disertai kilat petir di Kota Manado.

Beralih wilayah Indonesia bagian timur, untuk Kota Ternate dan juga Jayapura diperkirakan kondisi cuaca berpotensi hujan ringan. Potensi hujan sedang terdapat di kota Ambon dan perlu diwaspadai adanya potensi hujan yang dapat disertai kilat petir di Kota Manokwari.

Untuk suhu di kota-kota besar di wilayah Indonesia berkisar antara 20 hingga 35 derajat Celsius dengan kelembaban udara berkisar antara 45 hingga 100 persen.

Waspadai juga ketinggian gelombang laut antara 4 hingga 6 meter di Samudra Hindia Barat Sumatera, Selatan Jawa dan juga Selatan Nusa Tenggara.

Baca juga: Gempa 5,0 guncang wilayah Kepulauan Talaud, tidak berpotensi tsunami
Baca juga: BMKG prediksi hujan ringan guyur sebagian kota besar di Tanah Air

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023