Jakarta (ANTARA News) - Emosi berkobar ketika Borussia Dortmund dan Bayern Munich seri 1-1 Sabtu malam tadi dalam laga Bundesliga yang tak lebih dari pemanasan menjelang partai final Liga Champions tiga pekan mendatang.

Bayern yang memenangi 14 laga Bundesliga terakhirnya, harus menyaksikan lima pemainnya mendapat kartu kuning, sedangkan gelandang bertahan Rafinha diusir ke luar lapangan setelah melakukan pelanggaran kedua.

Mengingat Bayern telah menjuarai liga dan Dortmund mendapat satu tempat Liga Champions musim depan, ada kekhawatiran pertandingan ini akan onar.

Di depan 80.000 penonton, babak pertama berjalan damai, namun memasuki babak kedua pertandingan menjadi sangat keras.

Kontroversi menyeruak saat tangan Jerome Boateng diyatakan menyentuh bola (handball) ketika berusaha memblok tembakan Nuri Sahin, dan penalti pun diberikan di tengah protes para pemain Bayern.

Namun tembakan Lewandowski berhasil ditahan Neuer.  Pertandingan kembali memanas beberapa menit kemudian ketika Rafinha yang sebelumnya sudah mendapat satu kuningkan, menyikut Jakub Blaszczykowski ketika keduanya memperebutkan bola.

Pemain asal Brazil ini diusir karena mendapat kartu kuning kedua, dan menyebabkan pemain Bayern kembali melancarkan protes dengan mengerubungi wasit. Rafinha mengeluarkan jari tangannya ke arah Blaszczykowski sebelum keluar lapangan.

Pelatih Dortmund Jurgen Klopp memprotes prilaku ini Rafinha, dan ini memancing protes balik dari Direktur Olahraga Bayern Matthias Sammer.

Setelah itu mereka bertukar permainan keras, pemain pengganti Bayern Emre Can dikartukuningkan setelah menjegal Julian Schieber.

"Normal hal-hal seperti ini terjadi," kata Klopp kepada Sky. "Orang berbicara tentang persahabatan namun begitu pertandingan berjalan, itu berbeda. Ini pertandingan yang berat, situasi memanas, hal-hal seperti ini terjadi."

"Saya bilang pada Rafinha untuk jangan memancing Jakub, Sammer lalu mengingatkan saya bahwa saya tak boleh berbicara pada pemain. Kemudian saya bilang bahwa Rafinha menunjuk-nunjuk di depan muka Jakub," kata Klopp seperti dikutip Reuters.

Borussia Dortmund mengganti lima pemainnya yang turut memperkuat tim ini kala semifinal leg kedua Liga Champions menghadapi Real Madrid Rabu dini hari lalu, sedangkan Bayern mengganti tujuh pemain yang memperkuat tim ini kala mengalahkan Barcelona 3-0 Kamis dini hari sebelumnya.

Dortmund memimpin lebih dulu pada menit 11 ketika Kevin Grosskreutz melancarkan tendangan volley setelah memanfaatkan umpan Blaszczykowski.

Mario Gomez lalu menyamakan kedudukan pada menit 23 setelah menerima umpan silang jauh dari Rafinha.

Bayern tak terkalahkan dalam empat pertemuannya dengan Dortmund musim ini, mengalahkan Dortmund pada Supercup dan Piala Jerman, sedangkan dua pertemuan mereka di laga reguler Bundesliga berkesudahan seri.

"Ini pertandingan yang sangat intensif di mana kedua kubu tak mau menyianyiakan kesempatan. Sebelumnya orang bilang pertandingan ini akan membosankan karena begitu banyak pemain Bayern yang absen, namun kenyataannya sama sekali tidak," kata pelatih Bayern Jupp Heynckes seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013