Batulicin (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir pantai atau rob yang berpotensi di perairan Kotabaru dan Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 17-22 September 2023.

"Berdasarkan data BMKG Kalsel, pasang air laut maksimum berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Kotabaru sekitar pukul 18.00-22.00 WITA dengan ketinggian maksimum mencapai 2,7 meter," kata Kepala Sub Bidang Kedaruratan Bencana pada BPBD Tanah Bumbu Mukhtar Halim di Batulicin, Ahad.

Dia mengatakan wilayah yang terdampak yakni perairan Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu, yang berpotensi mengganggu aktivitas keseharian masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat.

Mukhtar juga meminta masyarakat pesisir pantai selalu waspada untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut dan fenomena rob.

Selain itu BMKG memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat di tiga kabupaten pada 17 September 2023 sejak pukul 08.30 WITA.

"Yakni Kabupaten Kotabaru, Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Bumbu," katanya.

Kecamatan di Kabupaten Kotabaru yang terdampak hujan diantaranya Kecamatan Pulau Laut Timur, Pulau Laut Utara, Kelumpang Hulu, Pamukan Selatan, Sungai Durian, Pulau Laut Tengah, Kelumpang Hilir, Kelumpang Barat.

Sedangkan pada Kabupaten Barito Kuala potensi hujan di Kecamatan Tabunganen, Tamban, dan Mekarsari. Kemudian di Kabupaten Tanah Bumbu meliputi Kecamatan Kusan Hulu dan sekitarnya. Hal itu dapat meluas ke Wilayah Kotabaru bagian Sampanahan, Pamukan Utara, Hampang,

"Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul Minggu siang," ucap Mukhtar.

Pewarta: Imam Hanafi/sujudmariono
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023