Pemilu yang berbudaya akan menghasilkan masyarakat, pemimpin, dan wakil rakyat yang juga berbudaya
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan bahwa pemilu yang berbudaya akan menghasilkan pula masyarakat yang berbudaya.

“Pemilu yang berbudaya akan menghasilkan masyarakat, pemimpin, dan wakil rakyat yang juga berbudaya,” kata HNW dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hal tersebut disampaikan saat membuka “Hajatan Betawi IV Tahun 2023” di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/9).

HNW memandang festival kebudayaan sebagai pagelaran publik dapat mengingatkan prinsip bangsa Indonesia yang berbudaya sehingga diharapkan Pemilu 2024 pun terselenggara secara berbudaya.

Menurut dia, nilai-nilai budaya Betawi yang dikenal dengan toleransi, keterbukaan, keramahan, dan kemampuan memberikan solusi penting pula untuk menghadapi tahun politik yang kerap dipenuhi dengan berbagai tantangan.

Baca juga: HNW ingatkan generasi muda punya peran strategis jaga demokrasi

Baca juga: HNW nyatakan Keluarga berkualitas lahirkan pejuang bangsa


“Kebiasaan tersebut selalu dan sangat dipentingkan apalagi untuk menghadapi tahun politik yang dipenuhi dengan kekhawatiran terjadinya pengkotakan dan penyebaran hoaks dan budaya-budaya lainnya yang bisa merusak harmoni dan toleransi serta budaya-budaya luhur bangsa lainnya,” tuturnya.

Hal tersebut, kata dia, tampak dari warga Betawi yang dengan budayanya dapat menerima suku apapun dan dari manapun untuk tinggal bersama di DKI Jakarta.

“Ini suatu fakta yang harus diingatkan bahwa seperti inilah kita seharusnya. Di Jakarta warga Betawi menghormati warga yang lain, kita pun juga harus menghormati warga Betawi,” katanya.

Untuk itu, HNW menilai hal tersebut sebagai cerminan dari sikap saling hormat menghormati yang membuat bangsa Indonesia bisa bersatu padu sehingga perlu terus dijaga dan dikembangkan.

“Dengan spirit ini, hendaknya seluruh yang terkait dengan pemilu baik proses maupun hasilnya dapat betul-betul menghadirkan budaya bangsa yang unggulan, bahkan makin bisa menguatkan komitmen kita bersama-sama mewujudkan cita-cita sebagai proklamasi dan reformasi dalam bingkai NKRI,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, HNW memberikan apresiasi terhadap budaya Betawi dengan turut menyampaikan pantun.

“Bukan ketan sembarang ketan, ketan Ciawi lezat rasanya. Bukan hajatan sembarang hajatan, hajatan Betawi luar biasa,” ujar dia

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023