semoga bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi(Pemprov) DKI Jakarta dan Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) menggelar Kejuaraan Menembak Tingkat Nasional Gubernur DKI Jakarta Cup 2023.
 
"Olahraga menembak merupakan cabang olahraga yang memerlukan tingkat konsentrasi, fokus, dan keterampilan yang tinggi. Saya berharap kejuaraan ini dapat menciptakan peluang bagi para penembak berbakat untuk bersaing, berkembang, dan memajukan olahraga menembak di tingkat regional," kata Heru di Lapangan Tembak Perbakin, Senayan, Jakarta Pusat dalam keterangan tertulisnya, Minggu.
 
Heru mengatakan selama satu minggu sejak 10-17 September 2023 ini, sebanyak 906 peserta telah mengikuti ajang yang berlangsung di Lapangan Tembak Perbakin Senayan dan Lapangan Tembak Denrudal 003 Cikupa ini.

Mereka bersaing dengan penuh semangat dalam menunjukkan kemampuan terbaiknya di bidang menembak.
 
Kejuaraan ini mempertemukan penembak berbakat dari berbagai kalangan, seperti atlet klub atau organisasi menembak dari berbagai daerah termasuk dari Papua, perwakilan unsur TNI/Polri, dan peserta perorangan dari berbagai latar belakang profesi.
 
Ajang Gubernur DKI Jakarta Cup 2023 yang baru pertama kali diadakan ini, kata Heru semoga bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.
 
"Tujuannya adalah silaturahmi bersama di wilayah DKI Jakarta dengan jajaran TNI/Polri. Dari ajang ini juga bisa mendapatkan bakat unggul untuk masuk dalam kejuaraan nasional. Maka hari ini kita undang KONI," ujar Heru.
 
Dalam kesempatan tersebut, Heru juga memberikan apresiasi atas sinergi Pemprov DKI Jakarta bersama jajaran Pengurus Besar (PB) Perbakin dalam mendukung pengembangan olahraga menembak tingkat nasional dan mempererat tali persaudaraan di wilayah DKI Jakarta.
 
Adapun para pemenang kejuaraan dari 180 kategori diberikan medali, piagam penghargaan, uang pembinaan, dan trofi.
 
Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin yang juga Ketua Panitia Kejuaraan Menembak Tingkat Nasional Gubernur DKI Jakarta Cup 2023 ini menjelaskan, kejuaraan ini diadakan sebagai sarana untuk mendorong pengembangan olahraga menembak tingkat nasional yang sudah lama tidak diselenggarakan.
 
Tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan semangat olahraga dan menghadirkan panggung kompetisi yang berkualitas bagi para penembak berbakat, sekaligus sebagai ajang untuk mempersiapkan para atlet terbaik dalam pra-kualifikasi PON tahun 2024.
 
Sebanyak seratus peserta yang berusia 15-60 tahun dari berbagai daerah di Indonesia terbagi dalam lima cabang tembak yakni Tembak Sasaran, Tembak Reaksi, Tembak Berburu, Executive and Precison, serta Tembak Dueling.
Baca juga: DKI bersama IPB kembangkan olah raga berkuda secara saintifik
Baca juga: Jakpro prioritaskan JIS untuk kemajuan prestasi olah raga di Jakarta
Baca juga: Menristekdikti: Pomnas ajang cari bibit unggul olahraga

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023