Harapan kami kinerja perdagangan luar negeri Kalimantan Tengah semakin baik dan pelaku IKM Kalimantan Tengah semakin banyak yang go global
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengoptimalkan pelaksanaan China-Asean Expo (CAEXPO) 2023 di Nanning, Guangxi, China sebagai sarana mempromosikan produk-produk unggulan daerah.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Minggu, mengatakan, agenda internasional ini menjadi sarana strategis untuk mengembangkan dan mempromosikan produk-produk unggulan potensial Kalimantan Tengah di pasar luar negeri, serta strategi untuk menembus pasar tersebut.

"Harapan kami kinerja perdagangan luar negeri Kalimantan Tengah semakin baik dan pelaku IKM Kalimantan Tengah semakin banyak yang go global," jelasnya.

Melalui CAEXPO 2023 ini, pihaknya berharap para pelaku IKM semakin mampu melakukan ekspor dan memiliki nilai tambah ekonomi melalui ragam produk unggul yang dimiliki, seperti kerajinan getah nyatu, benang bintik, rotan, aneka jenis ikan, serta lainnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, sejalan dengan misi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah 2021-2026 yaitu “Mempercepat Pembangunan Ekonomi yang Produktif, Kreatif, dan Berwawasan Lingkungan”, maka pihaknya terus melakukan berbagai langkah strategis dan terobosan dalam mengoptimalkan pembangunan perekonomian daerah.

"Salah satunya melalui promosi dagang bagi produk-produk ekspor unggulan Kalimantan Tengah," tuturnya.

Oleh karenanya, Edy Pratowo menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga fokus terhadap kemajuan ekspor, salah satunya melalui kebijakan yang diberikan untuk mendukung pertumbuhan ekspor, baik kepada para eksportir existing, calon eksportir atau potensial ekspor, serta pelaku IKM lainnya.

Di sisi lain, dukungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) sebagai mitra pemerintah daerah berperan penting dalam membina dan menumbuhkembangkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam penguatan ekonomi masyarakat dan daerah.

"IKM-IKM yang ada harus dipandang dan diposisikan sebagai salah satu aset dan pilar utama ekonomi daerah, bahkan nasional," katanya.

Dalam pameran tahunan bertaraf internasional ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berkesempatan berpartisipasi mempromosikan potensi daerah melalui Paviliun Nasional Indonesia City of Charm dan Paviliun Komoditas yang melibatkan industri pariwisata, sanggar kesenian tari budaya, pengusaha (pihak swasta) di berbagai sektor komoditas unggulan, serta perajin dan pelaku IKM maupun UMKM.

Pembukaan CAEXPO ini dihadiri langsung Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta para pimpinan negara ASEAN dan lainnya. Sementara itu, dari Kalimantan Tengah, turut hadir Ketua Dekranasda Ivo Sugianto Sabran, serta kepala perangkat daerah terkait dan lainnya.

Baca juga: Kalimantan Tengah bangun pabrik pakan penuhi kebutuhan daerah
Baca juga: KPK tanamkan budaya antikorupsi kepada kepala daerah se-Kalteng

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023