Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) di beberapa sekolah di wilayah Jakarta Barat (Jakbar).

Saat sidak di SD Negeri 10 Kemanggisan di Jakarta, M Nuh mengatakan UN sebenarnya tidak perlu menjadi suatu hal yang "menakutkan" bagi para siswa SD.

"Tidak perlu menakut-nakuti adik-adik kita, tetapi kita harus lebih memberi dukungan," katanya.

Namun, dia meminta agar para pengajar dan pihak sekolah tetap memberi pengawasan yang baik selama ujian berlangsung.

Terkait pengawasan untuk pelaksanaan UN dan distribusi naskah soal, dia mengatakan pihak Kemendikbud akan memonitor setiap tahapnya, tidak hanya yang berlangsung di Jakarta, tetapi juga yang berlangsung di provinsi lain.

"Kami pantau setiap proses pelaksanaannya oleh masing-masing provinsi karena untuk UN SD ini penyelenggaraannya kami serahkan pada pemerintah provinsi, namun Kemendikbud memberi syarat dan ketentuan," kata Nuh.

Sejak beberapa tahun lalu penyelenggaraan UN SD dan sederajat sudah dilaksanakan oleh pemda di masing-masing provinsi, sedangkan UN untuk tingkat SMA sederajat dan SMP sederajat masih diselenggarakan secara tersentral oleh pemerintah pusat.

Lebih lanjut dia mengatakan, secara umum naskah soal UN SD sudah siap sampai di lokasi ujian karena pendistribusian dilakukan oleh pihak provinsi.

"Jadi, kami yakin di seluruh provinsi UN SD ini sudah "on schedule". Bila soal belum sampai sebelum hari H ujian, hal itu wajar karena naskah soal sebelum hari ujian masih diletakkan di sub rayon. Kemudian, ketika hari H pelaksanaan ujian maka naskah soal sudah ada di masing-masing sekolah," ujarnya.

Terkait materi soal, menurut dia, pengembangan soal UN sebesar 75 persen dilakukan oleh pihak provinsi dan 25 persen dilakukan pihak pusat.

Ujian nasional untuk tingkat sekolah dasar dan sederajat akan dilaksanakan mulai Senin (6/5) hingga Rabu (8/5) dengan tiga mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia pada hari pertama, Matematika pada hari kedua, dan IPA pada hari ketiga.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013