Jakarta (ANTARA) -
Relawan Kawan Juang Ganjar Pranowo (GP) mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya pada 16 - 17 September 2023.

Koordinator Kawan Juang GP wilayah Jakarta Febriska Indina, sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan gratis tersebut rutin digelar setiap pekan sejak Juni lalu.
 
"Pada pekan ini, pemeriksaan dilakukan di Jakarta yaitu di wilayah Kecamatan Cilandak, Cipayung, dan Ciracas. Di Tangerang Selatan, pemeriksaan dilakukan di kecamatan Cipondoh," kata Febriska.
 
Dia mengatakan pemeriksaan gratis yang dilakukan tenaga kesehatan tersebut mencakup pengecekan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah.
 
Armeili Shinta, salah satu dokter yang melakukan pemeriksaan, mengatakan bahwa warga rata-rata menderita kolesterol tinggi dan hipertensi.

"Untuk itu, kami mengedukasi warga tentang gaya hidup sehat termasuk pola makan," kata dia.
 
Selain mengedukasi soal pola makan, dia juga menyarankan agar masyarakat menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga dan menjauhi stres demi menjaga kesehatan.
 
Lina, salah seorang peserta pemeriksaan, mengaku terbantu dengan adanya pemeriksaan gratis tersebut sebab dengan mengetahui kondisi kesehatan maka dapat mencegah penyakit serius yang timbul di kemudian hari.

Baca juga: FISIP UI gelar kuliah kebangsaan oleh Ganjar Pranowo

Baca juga: Ganjar Pranowo: Soal cawapres masih digodok

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023