Jakarta (ANTARA) - Relawan Ganjar-Mahfud yang tergabung dalam Relawan Progresif dan Pasukan Penguin mengatakan akan menggelar bersih-bersih di setiap lokasi kampanye Ganjar-Mahfud sebagai bentuk dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 3 tersebut.

"Ganjar selalu menekankan pentingnya menjaga lingkungan. Aksi bersih-bersih ini adalah bukti komitmen kami, Relawan Progresif, untuk mewujudkan kampanye hijau dan mendukung visi Ganjar dalam menjaga kelestarian alam," kata Direktur Nasional Progresif Eka Sastra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Eka mengatakan aksi ini merupakan usaha dari Progresif demi menyukseskan kampanye Ganjar-Mahfud dan aksi bersih-bersih tersebut telah dilaksanakan di usai kampanye Hajatan Rakyat Indonesia B3rgema' di GOR Bulungan, Jakarta Selatan pada Jumat (2/4) dan Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (3/4)

Eka menambahkan aksi ini lebih dari sekadar menyatakan dukungan terhadap Ganjar-Mahfud, tapi juga untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia yang peduli terhadap lingkungan.

"Bersama Pasukan Penguin yang terdiri dari para milenial ini, kami ingin mewujudkan Ibukota Jakarta dan Indonesia yang bersih saat kampanye maupun setelah kampanye, sebagai simbol komitmen kita untuk menjaga bumi," kata Eka.

Sekretaris Humas Progresif, Andrian Wanabakti Cader mengatakan aksi bersih-bersih ini di kawasan GBK pada Sabtu (3/4) tersebut merupakan lanjutan dari aksi yang sama di Bulungan pada Jumat (2/4), seraya mengungkapkan ada 350 relawan yang turut serta dalam aksi bersih-bersih pada Sabtu tersebut.

"Kami ingin memastikan bahwa semua orang yang hadir di kampanye ini terhidrasi dengan baik dan lingkungannya tetap bersih. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya mendukung pasangan Ganjar-Mahfud tetapi juga meninggalkan dampak positif pada lingkungan sekitar GBK," tuturnya.

Baca juga: Makan mi ayam di CFD Jakarta, warga: Pak Ganjar ramah dan full senyum

Baca juga: Ganjar: Kita tidak mau rakyat diperlakukan seperti ayam

Baca juga: Ganjar: Insyaallah Ganjar-Mahfud selalu bersama rakyat


Aksi ini tidak hanya berfokus pada kebersihan stadion, tetapi juga menekankan pentingnya kesadaran lingkungan dalam kegiatan politik dan sosial.

Koordinator Pasukan Penguin, Farras Kretiawan, menjelaskan bahwa organ relawannya siap untuk bekerja sama dengan Relawan Progresif karena kesamaan cita-cita mereka untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

"Penguin ini tidak hanya akan jadi simbol, tapi akan jadi gerakan sosial yang selama kampanye akan melakukan hal-hal positif untuk masyarakat. Kami ingin saat kampanye maupun selesai kampanye komunitas kami jadi pasukan pembersih sampah," kata Farras.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11-13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024