Semarang (ANTARA) - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo optimistis menjelang hari-H pencoblosan pemilu, Rabu, 14 Februari 2024, Jawa Tengah mutlak kandang banteng

Usai menghadiri kampanye akbar pamungkasnya di Lapangan Simpang Lima Semarang, Jateng, Sabtu, Ganjar mengatakan, "Kalau melihat hari ini di Jawa Tengah, insyaalah mutlak kandang banteng. Maka, apa yang disampaikan Pak Mahfud tadi tabrak, seruduk semua yang tidak benar. Tidak sesuai dengan aturan, akan kami sruduk."

Ganjar meminta seluruh pemangku kepentingan, termasuk sukarelawan partai untuk menjaga mulai dari coblosan penghitungan sampai rekap terakhir.

Pada kampanye akbar Ganjar-Mahfud sebelumnya di Surakarta, penampilan wayang orang ditampilkan dalam acara kirab.

Dalam penampilan wayang orang tersebut, kata Ganjar, menunjukkan bagaimana pemimpin seharusnya ditampilkan.

"Dalam filosofi Jawa, semuanya harus betul-betul hati-hati. Ada hasta brata di sana, kita mesti arif, kita mesti bijaksana, dan itu pesan yang baik untuk kita semua," ujar dia.

Hal tersebut, menurut Ganjar, merupakan pelajaran buat pasangan Ganjar-Mahfud untuk tidak menyinggung yang lain.

Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Pengamat Unair jelaskan makna Semar dalam kampanye Ganjar-Mahfud
Baca juga: Ganjar ajak doakan empu seni Subono dan korban banjir Grobogan

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024