Kami bukanlah pemimpin yang cacat moral, bukan juga pemimpin yang memiliki beban masa lalu.
Semarang (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. mengatakan rakyat untuk "tabrak" kegelapan demokrasi dan ketidakadilan ekonomi yang terjadi.

"Kita tabrak! Kita seruduk! Kita tabrak dan seruduk semua halangan yang menyebabkan kegelapan demokrasi dan ketidakadilan ekonomi di Indonesia ini," seru Mahfud dalam kampanye akbar Hajatan Rakyat Semarang di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Sabtu.

Untuk itu, Mahfud yang juga mantan Menkopolhukam menegaskan bahwa negara harus hadir dalam setiap permasalahan negara adalah mandat konstitusi.

"Pemimpin negara dan pemerintahan wajib melaksanakan mandat tersebut," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Dalam kesempatan itu, Mahfud juga mengungkap tiga solusi dasar sekaligus sebagai janji Ganjar-Mahfud jika nanti terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029.

Pertama, kata dia, Ganjar-Mahfud dengan segenap jiwa raga akan menjaga dan memperkuat demokrasi dan nomokrasi, yaitu demokrasi yang mengandaikan adanya penegakan hukum yang berkeadilan.

"Demokrasi yang tidak memberi ruang bagi korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Demokrasi yang memastikan siapa pun tanpa peduli dia keluarga siapa berhak memperoleh kehidupan yang lebih baik," ujar Mahfud.

Kedua, pihaknya berkomitmen untuk menjadi pemimpin yang sidik, amanah, tablig, dan fatanah serta akan selalu tunduk pada suara hari nurani dan kepentingan rakyat.

"Kami bukanlah pemimpin yang cacat moral, bukan juga pemimpin yang memiliki beban masa lalu. Kami membaktikan seluruh jiwa raga kami kerahkan bagi kepentingan rakyat, bukan kepentingan segelintir orang," tegas Mahfud.

Baca juga: Ganjar di Solo: Rakyat punya nurani untuk menentukan pemimpin
Baca juga: Ganjar serukan "menang total!" saat Hajatan Rakyat Solo


Ketiga, Ganjar-Mahfud akan selalu setia bersama rakyat serta memenuhi hak sosial ekonomi dan budaya rakyat.

Ditegaskan pula bahwa Mahfud bersama Ganjar tidak akan mengingkari kepercayaan yang dititipkan di pundak pasangan ini oleh rakyat.

Ganjar-Mahfud memastikan 17 juta lapangan kerja dan berjanji tidak akan mengingkari itu semua.

"Itulah kenapa harga bahan pokok harus turun, bahkan kami berjanji kepada pahlawan pangan para petani, nelayan, perkebunan, pada masa nanti kami tidak ada lagi kelangkaan pupuk," ujar Mahfud.

Ia melanjutkan, "Saudara sekalian, bismillah, itulah janji kami. Kami mohon kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mengawal dan menagih janji kelak kepada kami."

Mahfud mengajak puluhan ribu orang pendukungnya untuk memberikan puji-pujian kepada Allah Swt. dan Nabi Muhammad saw. lewat lantunan selawat badar.

Menurut dia, jika selawat dipanjatkannya agar doa dan harapannya pada Pilpres 2024 terkabul.

Ia lantas mengajak massa pendukung untuk melantunkan selawat sebanyak tiga kali.

Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024