Berbagai persoalan bidang transportasi bisa dicarikan solusi dengan kreatifitas dan inovasi sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan maksimal
Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengingatkan pentingnya kreatifitas dan inovasi di sektor transportasi untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Berbagai persoalan bidang transportasi bisa dicarikan solusi dengan kreatifitas dan inovasi sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan maksimal," katanya di Padang, Senin.

Ia mengatakan itu usai memimpin upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2023 Tingkat Provinsi, di Padang.

Baca juga: Waskita Karya Realty Bangun JPM Sudirman Dukuh Atas, Dukung Integrasi Transportasi di Jakarta

Menurutnya, salah satu inovasi yang berhasil diterapkan di bidang transportasi di Sumbar adalah sistem "one way" atau jalur satu arah untuk mengatasi kemacetan pada rute Padang-Bukittinggi dan sebaliknya selama masa libur Lebaran 2023.

Ia mengatakan, penerapan sistem tersebut sangat membantu masyarakat karena kemacetan bisa diatasi dan waktu tempuh lebih singkat dari pada periode libur Lebaran tahun sebelumnya.

"Dengan inovasi itu keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Sumbar selama masa libur Lebaran terjaga dengan baik. Ini semua tentu berkat koordinasi dan kolaborasi yang baik antara berbagai pihak," katanya.

Menurutnya, sistem "one way" oleh Dinas Perhubungan Sumbar dan Kepolisian Daerah Sumbar itu menunjukkan kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat selama momentum libur nasional.

Baca juga: DKI tetap majukan transportasi publik meski tak lagi jadi Ibu Kota

"Pemerintah harus hadir untuk menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat. Ini bisa dilakukan dengan kreatifitas dan inovasi," katanya.

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan beberapa hal yang patut dibenahi di sektor pelayanan transportasi publik di Sumbar, seperti pemanfaatan aset yang belum maksimal serta integrasi moda transportasi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Seperti Terminal Bus Anak Air yang belum maksimal pemanfaatannya, serta terkait integrasi moda transportasi publik yang juga belum maksimal,” ujarnya.

Dalam momentum Harhubnas 2023 itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh insan transportasi Sumbar, yang telah bekerja keras untuk memaksimalkan keamanan dan kelancaran pelayanan transportasi.

Sebelumnya dalam peringatan Harhubnas 2023 itu, Gubernur Sumbar selaku pemimpin upacara membacakan pidato Menteri Perhubungan (Menhub) RI yang mengajak insan transportasi untuk meningkatkan kinerja demi kepentingan masyarakat.

Baca juga: Kadin: Transportasi merupakan tulang punggung ekonomi nasional
 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023