Pendistribusian air bersih ke sejumlah wilayah terdampak telah dilakukan sejak beberapa pekan terakhir menyasar wilayah yang tidak terlayani truk tangki yang disiapkan pemerintah daerah
Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, mendistribusikan air bersih untuk warga terdampak kekeringan di sejumlah wilayah di Cianjur, menggunakan tangki, pendistribusian dilakukan hingga malam hari agar warga tidak kesulitan untuk kebutuhan rumah tangga pagi hari.

Kasat Binmas Polres Cianjur, AKP Sigit Purnomo di Cianjur, Senin, pendistribusian air bersih ke sejumlah wilayah terdampak telah dilakukan sejak beberapa pekan terakhir menyasar wilayah yang tidak terlayani truk tangki yang disiapkan pemerintah daerah.

Baca juga: Legislator minta PAM Jaya pastikan Jakbar-Jakut tersedia air bersih

"Kami menyalurkan air bersih ke wilayah yang membutuhkan seperti hari ini, kami menyalurkan 4.000 liter air bersih ke sejumlah perkampungan di Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang yang ratusan kepala keluarga terdampak kemarau," katanya.

Pendistribusian air bersih dilakukan hingga malam hari agar seluruh warga di desa tersebut, tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan rumah tangga terutama pada pagi hari mulai dari memasak sampai dengan untuk mandi anak sebelum berangkat sekolah.

Kesulitan mendapatkan air bersih dirasakan sejak masuknya musim kemarau, tutur dia, dialami warga di sebagian besar wilayah Cianjur, sehingga pihaknya berkoordinasi dengan Perumdam Cianjur, Dinas PUTR Cianjur dan PMI Cianjur, sebelum mendistribusikan air.

Baca juga: BPBD Bantul catat 4.382 keluarga terdampak kekeringan akibat kemarau

"Kami mengambil wilayah yang belum terlayani, sehingga pendistribusian tepat sasaran dan tidak bentrok dengan truk tangki yang lain, pendistribusian dilakukan sampai malam agar permintaan warga semuanya terpenuhi," katanya.

Selama musim kemarau, pihaknya akan memberikan pelayanan air bersih ke sejumlah wilayah sesuai permintaan yang masuk guna meringankan beban warga dalam mendapatkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga.

"Kita akan memberikan pelayanan selama masih tingginya permintaan, rencananya setiap hari 4.000 liter air akan didistribusikan ke wilayah terdampak kekeringan sesuai permintaan," katanya.

Baca juga: PMI DIY salurkan 1,265 juta liter air bersih ke wilayah kekeringan

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023